PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA KOMPETITIF DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN NIPPON PAINT PADA KIOS OPLOS 9 SEKARSULI KLATEN UTARA

Nining, Tia Safitri (2018) PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA KOMPETITIF DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN NIPPON PAINT PADA KIOS OPLOS 9 SEKARSULI KLATEN UTARA. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Nining Fix.pdf

Download (442kB)

Abstract

NINING TIA SAFITRI, NIM 1421103616. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Universitas Widya Dharma. Skripsi. ”PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA KOMPETITIF DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN NIPPON PAINT PADA KIOS OPLOS 9 SEKARSULI KLATEN UTARA”. Kepuasan pelanggan harus menjadi perhatian para pelaku usaha, agar pelanggan bersedia menjadi pelanggan setia. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, maka pelaku usaha harus dapat menjaga kualitas produk yang dijual, harga bersaing dengan produk sejenis, dan merek produk memiliki citra yang baik di mata pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan, yaitu: (1) Seberapa besar variabel kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Nippon Paint?; (2) Seberapa besar variabel harga kompetitif berpengaruh terhadap kepauasan pelanggan Nippon Paint?; (3) Seberapa besar variabel citra merek berpengaruh terhadap kepauasan pelanggan Nippon Paint?; (4) Seberapa besar variabel kualitas produk, harga kompetitif, dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Nippon Paint? Jenis penelitian adalah penelitian korelasional. Sampel penelitian sebanyak 40 nasabah yang ditetapkan berdasarkan aksidental. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dikumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Kualitas Produk (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi Kualitas Produk (X1) menunjukkan angka positif 0,308 dengan nilai t hitung sebesar 5,587 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, jika Kualitas Produk ditingkatkan, maka Kepuasan Pelanggan akan meningkat; (2) Harga Kompetitif (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi Harga Kompetitif (X2) menunjukkan angka positif 0,137 dengan nilai t hitung sebesar 2,242 dengan nilai signifikansi sebesar 0,031 < 0,05. Dengan demikian, jika harga semakin kompetitif, maka Kepuasan Pelanggan akan meningkatkan; (3) Citra Merek (X3) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi Citra Merek (X3) menunjukkan angka positif 0,226 dengan nilai t hitung sebesar 2,521 dengan nilai signifikansi sebesar 0,016 < 0,05. Dengan demikian Jika Citra Merek ditingkatkan, maka Kepuasan Pelanggan juga akan meningkatkan; (4) Secara bersama-sama Kualitas Produk (X1), Harga Kompetitif (X2), dan Citra Merek (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Hal ini dibuktikan oleh nilai F = 166,885 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, dan nilai R2 (adjusted R square) sebesar 0,927 atau 92,7%. Secara bersama-sama Kualitas Produk, Harga Kompetitif, dan Citra Merek berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 92,7% dan sisanya sebesar 7.3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti Kata kunci: Kualitas produk, Harga kompetitif, Citra merek, dan Kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Mar 2019 00:53
Last Modified: 11 Mar 2019 00:53
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item