PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO PANTENE (STUDI PERUM.GRIYA PRIMA BARAT, KLATEN UTARA)

Taufiq, Tri Atmaja (2018) PENGARUH IKLAN TELEVISI DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SHAMPO PANTENE (STUDI PERUM.GRIYA PRIMA BARAT, KLATEN UTARA). Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Suparta Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh iklan televisi terhadap keputusan pembelian produk shampo pantene, (2) Pengaruh Celebrity Endorser terhadap keputusan pembelian produk shampo pantene, (3) Pengaruh iklan televisi dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian produk shampo pantene. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui metode angket dengan teknik purposive sampling atau pengambilan sampel berdasarkan karakteristik tertentu. Sampel dalam penelitian adalah 50 orang di Perum.Griya Prima Barat Klaten Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Iklan televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian shampo pantene karena nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel yaitu 4,213 > 2,011 dan nilai signifikasi lebih kecil dari nilai toleransi kesalahan 0,05 yaitu 0,000 < 0,05, (2) Celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk shampo pantene karena nilai t hitung sebesar 5,398 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 . Karena nilai koefisien bernilai positif, nilai t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 2,011 dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, (3) Pengaruh iklan televisi dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian shampo pantene nilai F hitung sebesar 84,563 dengan signifikan 0,000. Hal ini membuktikan bahwa F hitung = 84,563 lebih besar dari F tabel = 3,20 sedangkan taraf signifikasi = 0,000 lebih kecil dari alpha pada taraf 5% atau (0,05) sehingga dapat dikatakan bahwa iklan tv dan celebrity endorser secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian shampo pantene. Koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar = 0,773 atau (77,3%) hal ini menunjukan besarnya pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent dalam penelitian ini adalah (77,3%) sedangkan sisanya yaitu (23,7%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Kata kunci : Iklan Televisi, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Mar 2019 02:18
Last Modified: 11 Mar 2019 02:18
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1173

Actions (login required)

View Item View Item