EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP PEMBELAJARAN WAWANCARA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN (Penelitian pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Mojotengah Wonosobo Tahun 2017/2018)

Aris, Kriswanti (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP PEMBELAJARAN WAWANCARA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN (Penelitian pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Mojotengah Wonosobo Tahun 2017/2018). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Aris Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aris Kriswanti. 2018. Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Pembelajaran Wawancara Ditinjau dari Kemampuan Memahami Bacaan (Penelitian pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Mojotengah Wonosobo Tahun 2017/2018).Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pasca Sarjana. Universitas Widya Dharma Klaten. 2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Mojotengah Wonosobo Tahun 2017/2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1)apakah terdapat perbedaan nilai pembelajaran wawancara pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Mojotengah tahun ajaran 2017/2018, (2) apakah terdapat perbedaan nilai pembelajaran wawancara pada siswa yang nilai memahami bacaan tinggi dan rendah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Mojotengah tahun ajaran 2017/2018, (3) apakahterdapat interaksi antara penggunaan media audio-visual dan kemampuan memahami bacaan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 94 siswa. Sedangkan sample penelitian sebanyak 48 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan memahami bacaan, pre-test dan post-test pembelajaran wawancara. Sebelum penelitian dilaksanakan, peneliti memberikan tes kemampuan memahami bacaan untuk membandingkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan dan hasil pembelajaran wawancara. Hasil tes kemampuan memahami bacaan digunakan untuk membagi kriteria tinggi dan rendah. Selanjutnya diberikan pre-test untuk mengukur kemampuan siswa sebelum diberikan treatment (perlakuan). Setelah itu, siswa diberi post-test. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan anova dua jalan sel tak sama. Hasil post-test menunjukkan bahwa 1)Nilai dari FA hitung lebih besar dari pada FA tabel(15202,16> 4,064). Artinya terdapat perbedaan nilai pembelajaran wawancara pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Mojotengah tahun ajaran 2017/2018. 2) Nilai FB hitung lebih besar dari pada FB tabel(608,06> 4,064). Hal ini berarti terdapat perbedaan nilai pembelajaran wawancara pada siswa yang nilai memahami bacaan tinggi dan rendahsiswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Mojotengah tahun ajaran 2017/2018. 3) Nilai FAB hitung lebih besar dari pada FAB tabel(39732,53> 4,064). Hal ini menunjukkan terdapat interaksi antara penggunaan media audio-visual dan kemampuan memahami bacaan. Hasil penelitian ini menawarkan rekomendasi bagi guru dan siswa untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media audio-visual. Selain itu, rekomendasi bagi peneliti berikutnya di bidang yang sama ditawari hasil temuan dari penelitian ini sebagai masukan. Kata Kunci: Media Audio-Visual, Pembelajaran Wawancara, Kemampuan Memahami Bacaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:15
Last Modified: 12 Mar 2019 02:15
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item