PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENGALAMAN PRIBADI MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 WEDI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Diah, Purwaningsih (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENGALAMAN PRIBADI MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 8 WEDI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Diah P. Fix.pdf

Download (821kB)

Abstract

DIAH PURWANINGSIH. 1411109349. Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pengalaman Pribadi Menggunakan Model Think Pair Share Pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 wedi Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Klaten: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten, September 2018 Berdasarkan hasil penelitian awal yang dilakukan peneliti, kemampuan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Wedi masih sulit mengungkapkan gagasan (ide) dalam menulis, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam kegiatan menulis. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Think Pair Share yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis pengalaman pribadi dengan menggunakan model Think Pair Share kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Wedi. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses peningkatan kemampuan menulis siswa dalam menceritakan pengalaman pribadi menggunakan model Think Pair Share kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Wedi Tahun Pelajaran 2017/2018 dan (2) bagaimana hasil penerapan kemampuan menulis siswa dalam menceritakan pengalaman pribadi menggunakan model Think Pair Share kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Wedi Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian kondisi awal, pra siklus, siklus I, dan siklus II diketahui ada peningkatan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dalam pengajaran menulis pengalaman pribadi. Pada kondisi awal, nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 52,3 dalam kategori kurang. Pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata dari kondisi awal sebesar 59,2. Peningkatan kemampuan menulis pengalaman pribadi juga terjadi pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 76,4. Selain itu, pengajaran pengalaman pribadi dengan model Think Pair Share mampu mengubah perilaku siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Wedi. Siswa yang sebelumnya kurang siap dan kurang aktif dalam pembelajaran menjadi siap dan lebih aktif saat mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Mar 2019 07:17
Last Modified: 12 Mar 2019 07:17
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1266

Actions (login required)

View Item View Item