PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE KARYA WISATA PADA SISWA KELAS X KEPERAWATAN A SMK KESEHATAN RAHANI HUSADA KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Widyastuti, Margareta (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE KARYA WISATA PADA SISWA KELAS X KEPERAWATAN A SMK KESEHATAN RAHANI HUSADA KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Margareta Fix.pdf

Download (745kB)

Abstract

WIDYASTUTI MARGARETA. 1411109355. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE KARYA WISATA PADA SISWA KELAS X KEPERAWATAN A SMK KESEHATAN RAHANI HUSADA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi. Klaten: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten, Juli 2018. Tujuan penelitian ini 1) mendeskripsikan peningkatan kualitas proses menulis puisi dengan metode karya wisata pada siswa kelas X Keperawatan A SMK Kesehatan Rahani Husada Klaten; 2) mendeskripsikan kualitas hasil menulis puisi menggunakan metode karya wisata pada siswa kelas X Keperawatan A SMK Kesehatan Rahani Husada Klaten. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X Keperawatan A SMK Kesehatan Rahani Husada Klaten sebanyak 36 siswa. Sumber data yang digunakan adalah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dan nilai keterampilan menulis puisi siswa kelas X Keperawatan A SMK Kesehatan Rahani Husada Klaten. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes. Teknik yang digunakan analisis data adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan persentase antarsiklus. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi; dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis puisi pada kinerja guru siklus I memperoleh skor 63 dengan persentase 72,2% dan siklus II menjadi 77 dengan persentase 85,5%, sedangkan kinerja siswa siklus I sebanyak 70,37 % dan pada siklus II menjadi 83,3%. Hasil keterampilan menulis puisi siswa pada siklus I sebanyak 72,2% dan pada siklus II menjadi 86,1%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode karya wisata mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas X Keperawatan A SMK Kesehatan Rahani Husada Klaten tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Mar 2019 09:03
Last Modified: 12 Mar 2019 09:03
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1276

Actions (login required)

View Item View Item