PERANAN TARGET COSTING DALAM SISTEM PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Handuk Sempulur Janti Polanharjo Klaten)

Diana, Ayu Novitasari (2015) PERANAN TARGET COSTING DALAM SISTEM PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Handuk Sempulur Janti Polanharjo Klaten). Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Diana Ayu Novitasari.fix.pdf

Download (569kB)

Abstract

Diana Ayu Novitasari. Peranan Target Costing Dalam Sistem Pengendalian Biaya Produksi Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Handuk Sempulur Janti Polanharjo Klaten), Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Widya Dharma Klaten Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Target Costing dalam meningkatkan efisiensi biaya produksi dan untuk mengetahui perbedaan metode konvensional dengan metode target costing dalam meningkatkan efisiensi biaya produksi pada Perusahaan Handuk Sempulur Janti Polanharjo Klaten. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis penentuan target costing, analisis penentuan biaya standar (metode full costing dan metode variabel costing), metode titik tertinggi dan terendah dan membandingkan hasil perhitungan biaya standar dan biaya target (target costing) terhadap laba yang diperoleh perusahaan. Hasil penelitian diperoleh data berupa informasi yang kemudian dianalisis, bahwa manajemen memang telah menentukan harga produknya menetapkan harga jual sebesar Rp. 28.000,00 per unit dengan harapan meraih laba 33,3% dari harga jual atau sebesar Rp. 18.676,00. biaya manufaktur yang meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead ternyata belum sesuai dengan target laba yang diharapkan perusahaan, karena biaya produksi aktual perusahaan sebesar Rp. 19.554,60 lebih besar Rp. 878,60 dari target cost yaitu. Dengan demikian perlu melakukan perencanaan ulang pada desain biaya manufaktur dan perusahan menganalisis baiya manufaktur perusahaan untuk dapat mencapai target cost yang diinginkan melalui proses value engineering dengan menggunakan tiga skenario. Value Engineering dengan mengganti bahan baku langsung yang digunakan perusahaan dengan kualitas yang sama pewarna yang lebih terang sepadan dengan bahan baku yang diinginkan oleh pesaing selanjutnya dikemas dengan 1 unit handuk diisi 10 buah handuk dimaksudkan untuk melakukan penghematan pada kemasan, perusahaan dapat menekan biaya manufaktur hingga mendekati target cost yaitu sebesar Rp. 18.574,80 atau lebih rendah Rp. 91,20 dari target cost. Dengan demikian Value Engineering yang dilakukan lebih efisien dalam mengurangi biaya manufaktur perusahaan dengan pilihan warna dan perubahan kemasan tersebut. Hasil perbandingan biaya menurut perusahaan dengan target costing menunjukkan bahwa total drifting cost dari perusahaan lebih besar dibanding dengan drifting cost dari target costing mengalami penghematan sebesar 5,0 %.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Perpustaka Pustakawan unwidha
Date Deposited: 04 Feb 2019 03:03
Last Modified: 04 Feb 2019 03:03
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/13

Actions (login required)

View Item View Item