PENERAPAN METODE GUIDE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN KERJASAMA KELOMPOK SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KETANDAN, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Siti, Rochani (2019) PENERAPAN METODE GUIDE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN KERJASAMA KELOMPOK SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KETANDAN, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Siti fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENERAPAN METODE GUIDE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL DAN KERJASAMA KELOMPOK SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KETANDAN, KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SITI ROCHANI 1715100088 ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dalam proses pembelajaran di kelas metode ceramah masih mendominasi. Selain itu siswa juga terlihat pasif dan sibuk sendiri, tidak mendengarkan atau merespon apa yang disampaikan oleh guru sehingga suasana kelas menjadi begitu pasif dan tidak ada timbal balik antara guru ke murid maupun murid ke guru dan hal ini tentu akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Ketandan Klaten dengan menggunakan metode pembelajaran guade inquiry adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas IV SDN 3 Ketandan Klaten yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran mata pelajaran Matematika dengan penerapan metode guade inquiry dikatakan berhasil karena mengalami peningkatan pada siklus I hanya 72,72% dengan kategori cukup sedangkan pada siklus II yaitu 92,83% dengan kategori baik sekali; 3) aktivitas belajar siswa dalam mengukuti pembelajaran dengan penerapan metode guade inquiry dikatakan berhasil karena mengalami kenaikan. Pada siklus I hanya 75% dengan kategori cukup sedangkan pada siklus II 95,83% dengan kategori sangat baik;3) hasil belajar siswa dengan penerapan metode discovery learning dikatakan berhasil karena mengalami kenaikan. Pada siklus I hanya 28% dengan kategori cukup sedangkan pada siklus II yaitu 88,89%. Kata Kunci: hasil belajar, metode pembelajaran guade inquiry

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:23
Last Modified: 11 Sep 2019 02:23
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1708

Actions (login required)

View Item View Item