ANALISIS PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS IV PADA DISKUSI PEMBELAJARAN PKn SD DI SD NEGERI 1 TEGALYOSO KLATEN

Titik, Sri Supanti (2019) ANALISIS PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS IV PADA DISKUSI PEMBELAJARAN PKn SD DI SD NEGERI 1 TEGALYOSO KLATEN. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Titik fix.pdf

Download (886kB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini metode pembelajaran telah banyak dikembangkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Seperti halnya dengan metode diskusi yang saat ini dilaksanakan dengan digabungkan dengan model dan media sebagai pendukung. Guru dapat memilih atau menciptakan metode apa yang sesuai dengan karakteristik anak agar lebih efektif digunakan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu 1) bagaiaman pembelajaran PKn di SD; 2) Bagaimana pelaksanaan metode diskusi di SD; 3) bagaimana Perilaku akademik siswa selama diskusi; 4) bagaimana dampak diskusi secara akademis; 5) bagaimana variasi diskusi yang dapat membentuk perilaku siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mengetahui pembelajaran PKn di SD; 2) mengetahui pelaksanaan metode diskusi di SD; 3) mengetahui perilaku akademik selama diskusi; 4) mengetahui dampak diskusi secara akademis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitik dengan lokasi SD Negeri 1 Tegalyoso Klaten. Teknik Penelitan yang digunakan yaitu 1) Observasi; 2) Wawancara; 3) angket penilaian; 4) dokumentasi. Dan analisis data yang dilakukan yaitu 1) reduksi data; 2) penyajian data dan; 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Tegalyoso Klaten menemukan temuan beberapa klasifikasi perilaku siswa saat berdiskusi diantaranya: siswa Pemalu, siswa yang bekerja sama dengan baik, siswa berpartisipasi, siswa beinisiatif, siswa yang percaya diri, siswa yang melakukan performasi serta siswa yang mengendalikan emosional dengan baik. Sekolah dasar Negeri 1 Tegalyoso Klaten dapat disimpulkan telah melakukan diskusi yang efektif bagi peserta didik. hal ini dapat dilihat dari perolehan skor yang terkelompok dalam skala “baik”. Dari hasil penelitian disarankan untuk guru dapat memilih dan mengembangkan metode yang dapat membentuk perilaku siswa. dan bagi sekolah agar memberikan sarana dan prasarana bagi guru dalam mengadakan penelitian mengenai metode pembelajaran. Kata Kunci : Metode Diskusi, Pembelajaran PKn SD, Perilaku Akademik

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 14 Sep 2019 07:13
Last Modified: 14 Sep 2019 07:13
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1768

Actions (login required)

View Item View Item