PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH PIDATO SISWA KELAS V SDN 1 KEMODOHBATUR, KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Akat, Tri Trisno (2015) PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH PIDATO SISWA KELAS V SDN 1 KEMODOHBATUR, KECAMATAN TAWANGHARJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Akat tri trisno.fix.pdf

Download (842kB)

Abstract

AKAT TRI TRISNO. NIM. 1211109267. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten, 2015, Skripsi : Pembelajaran Menulis Naskah Pidato Siswa Kelas V SDN 1 Kemodohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini difokuskan pada masalah : Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menulis naskah pidato siswa kelas V SDN 1 Kemodohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis naskah pidato siswa kelas V SDN 1 Kemodohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V SDN 1 Kemodohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan simak catat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk interaktif. Berdasarkan hasil analisis, temuan dalam penelitian, dan pembahasan, dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar siswa kelas V SDN SDN 1 Kemodohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan sudah diawali dengan presensi siswa, 2) Sarana yang tersedia belum dilaksanakan secara maksimal oleh guru kelasnya. Misalnya penggunaan alat peraga masih sederhana sekali, 3) Materi ajar yang dipilih sudah disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, 4) Proses belajar mengajar, guru sudah melaksanakan keterampilan proses sebagai guru diantaranya membuka, menutup pelajaran, trampil bertanya, mengelola kelas, gaya mengajar, memberi penguatan, bervariasi, memimpin diskusi dan penggunaan alat peraga, 5) Bentuk tes yang diberikan berupa tugas menulis naskah pidato kemudian diberi nilai secara kuantitatif. Nilai rata ratanya sudah diatas kriteria ketuntasan minimal, 6) Metode yang digunakan menyesuaikan dengan penawaran yang ada pada RPP yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Guru tidak mengembangkan metode sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:28
Last Modified: 12 Feb 2019 07:28
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item