ANALISIS SISTEM ANTRIAN GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DENGAN BPJS PADA UPT PUSKESMAS NGAWEN I GUNUNGKIDUL

Dian, Pungkas Prayogi (2021) ANALISIS SISTEM ANTRIAN GUNA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DENGAN BPJS PADA UPT PUSKESMAS NGAWEN I GUNUNGKIDUL. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Dian Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dian Pungkas Prayogi NIM 1721100021. Analisis Sistem Antrian Guna Meningkatkan Efektifitas Pelayanan Pasien Rawat Jalan dengan BPJS pada UPT Puskesmas Ngawen I Gunungkidul. Pengaturan sistem antrian merupakan aspek penting pada suatu pelayanan khususnya dibidang kesehatan, karena berkaitan dengan kesehatan pasien dan juga reputasi puskesmas. Masalah yang menjadi fokus penelitian adalah bagaimana meningkatkan efektivitas pelayanan pasien rawat jalan dengan BPJS pada UPT Puskesmas Ngawen I Gunungkidul. Tujuan dengan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas pelayanan pasien rawat jalan dengan BPJS di UPT Puskesmas Ngawen I Gunungkidul. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang melakukan pemeriksaan kesehatan di poli umum UPT Puskesmas Ngawen I. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara terhadap pasien serta studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dengan 2 tahapan, yaitu tahap I menganalisis sistem antrian yang diterapkan UPT Puskesmas Ngawen I dengan menggunakan ukuran ukuran kinerja maupun efektivitas sistem antrian berupa , Po, Lq, Ls, Wq, dan Ws yang kemudian dibandingkan dengan keadaan yang sesungguhnya di lapangan. Tahap II dilakukan optimalisasi terhadap ukuran kinerja maupun efektivitas sistem antrian pada poli umum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah adanya penurunan waktu pelayanan terhadap pasien. Pada tahap I, nilai kesibukan dalam sistem ( ) = 0,87, nilai probabilitas tidak ada pelanggan (P0) = 0,13 (13%), rata-rata jumlah pasien dalam antrian (Lq) = 5,75 pasien, rata-rata jumlah pasien dalam sistem (Ls) = 6,62 pasien, rata-rata waktu pelayanan tiap pasien dalam antrian (Wq) = 61,8 menit dan rata-rata waktu pelayanan tiap pasien dalam sistem (Ws) sebesar 71,4. Setelah dilakukan optimalisasi (tahap II) nilai terhadap ukuran kinerja mengalami penurunan kecuali pada nilai P0, yaitu nilai = 0,44, nilai P0 = 0,39 (39%), nilai Lq = 0,21 pasien, nilai Ls = 1,08 pasien, nilai Wq = 2,22 menit dan nilai Ws = 12 menit. Kata Kunci: Sistem Antrian, Efektivitas Pelayanan, Pasien Rawat Jalan BPJS

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:32
Last Modified: 29 Jun 2021 03:32
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item View Item