PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SMP NEGERI 1 KARANGDOWO KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021

Afifah, Salsabililah (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SELAMA PANDEMI COVID 19 DI SMP NEGERI 1 KARANGDOWO KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2020/ 2021. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma Klaten.

[img] Text
Afifah fix.pdf

Download (899kB)

Abstract

Afifah Salsabililah NIM. 1712200005. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Judul Skripsi : Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas IX Selama Pandemi Covid 19 Di SMP Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Selama masa pandemi Covid–19 berlangsung berbulan - bulan, hal ini menimbulkan kejenuhan dan permasalahan belajar pada siswa yang ditandai dengan penurunan motivasi belajar seperti kurangnya konsentrasi saat belajar, munculnya rasa bosan dan kurangnya pemahaman dalam memahami materi dari guru. Maka dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan anak dalam membantu proses pembelajaran di rumah. Orang tua sebagai motivator harus memberikan dorongan dalam segala aktivitas anak. Tinggi rendahnya motivasi belajar dapat menentukan tinggi rendahnya semangat belajar seseorang dalam beraktivitas, dan tentu saja tinggi rendahnya semangat belajar akan menentukkan hasil yang diperoleh. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peran orang tua dalam upaya memotivasi belajar siswa kelas IX selama pandemi Covid – 19 di SMP Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa kelas IX selama masa pandemi Covid–19 di SMP Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangdowo Kabupaten Klaten. Dalam penelitian ini , metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek dari penelitian ini adalah orang tua siswa kelas IX A SMP N 1 Karangdowo Tahun Pelajaran 2020/2021. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase di atas, diperoleh skor persentase 84,72 %. Kemudian dimasukkan kedalam bentuk persentase atau diubah dalam kalimat yang bersifat kualitatif, hasil tersebut termasuk kedalam skor antara 80% - 89 %, dengan demikian “peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa kelas IX selama pandemic Covid – 19 di SMP Negeri 1 Karangdowo tahun pelajaran 2020/ 2021”. Termasuk kategori “baik”. Hal ini juga dibuktikan dari hasil analisi per indikator sebagai berikut: 1. Membimbing anak dalam belajar diperoleh persentase 78,12% 2. Mengawasi proses belajar pada anak diperoleh persentase 85,15% 3. Meningkatkan motivasi belajar diperoleh persentase 82,03% 4. Memenuhi kebutuhan anak diperoleh persentase 92,81% Kata Kunci : Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Pandemi Covid–19

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. PPKn
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 05 Aug 2021 04:56
Last Modified: 05 Aug 2021 04:56
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item View Item