PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 PANUNGGALAN KECAMATAN PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Slamet, Riyadi (2015) PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 PANUNGGALAN KECAMATAN PULOKULON KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Slamet riyadi.fix.pdf

Download (801kB)

Abstract

SLAMET RIYADI. NIM : 1111109211. Skripsi : Pembelajaran Menulis Pantun pada Siswa Kelas IV SDN 2 Panunggalan, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Widya Dharma Klaten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Panunggalan Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Mengapa dalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Panunggalan Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2014/2015 terjadi seperti pada saat peneliti mengamati guru saat melakukan kegiatan belajar mengajar? Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk interaktif. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Pelaksanaan pembelajaran menulis pantun di kelas IV SD Negeri 2 Panunggalan Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan ditemukan hal-hal sebagai berikut (a) Aspek guru, guru tidak dapat mengelola kelas dengan baik (b) Aspek materi, materi pantun tidak sesuai dengan tema yang ditentukan (c) Aspek metode, dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab (d) Aspek siswa, siswa kurang memperhatikan dalam penulisan pantun, (e) Aspek media, guru tidak menggunakan media tertentu dalam pembelajaran, guru hanya menggunakan teks pantun dari buku pelajaran, (f) Aspek Evaluasi, dalam evaluasi guru menggunakan penilaian dengan tes yaitu dilakukan secara tertulis, lisan, dan pembuatan (praktik) (2) Pembelajaran dalam menulis pantun belum maksimal disebabkan oleh (a) guru tidak dapat mengelola kelas dengan baik karena dalam proses pembelajaran berlangsung siswa tidak memahami materi yang diberikan guru. (b) materi pantun tidak sesuai karena tema pantun yang terlalu luas. (c) Dalam pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan metode konvensional yaitu ceramah dan tanya jawab yang sesuai dengan RPP karena menurut guru juga dianggap sesuatu yang biasa terjadi dalam pembelajaran. (d) siswa kurang memperhatikan dalam penulisan pantun karena menulis pantun merupakan suatu kreatifitas siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Feb 2019 04:54
Last Modified: 13 Feb 2019 04:54
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item