PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI (Studi Kasus Kelas VII D Semester II MTs Negeri Mlinjon Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten, Tahun Pelajaran 2013/2014)

Suratmi, Suratmi (2015) PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI (Studi Kasus Kelas VII D Semester II MTs Negeri Mlinjon Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten, Tahun Pelajaran 2013/2014). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Suratmi.fix.pdf

Download (308kB)

Abstract

Suratmi, NIM 13PSC01540. Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi (Studi Kasus di Kelas VIID MTs Negeri Mlinjon Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten, Tahun Pelajaran 2013/2014). Tesis. Klaten. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa. Program Pascasarjana. Universitas Widya Dharma Klaten. 2015. Masalah penelitian (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi di kelas VII D Semester II MTs N Mlinjon, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014? (2) Mengapa dalam pembelajaran menulis kreatif puisi di kelas VII D Semester II MTs Negeri Mlinjon, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014 dilaksanakan sebagaimana tampak pada saat pengamatan dilaksanakan? Tujuan Penelitian ini untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi di kelas VII D Semester II MTs N Mlinjon Kecamatan Klaten Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. (2) Mendeskripsikan penyebab pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi di kelas VII D Semester II MTs N Mlinjon Kecamatan Klaten Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014 dilaksanakan sebagaimana tampak pada saat pengamatan dilaksanakan. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan fokus pelaksanaan pembelajaran menulis kreatif puisi kelas VII D Semester II MTs Negeri Mlinjon, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten klaten 2013/2014. Teknik pengumpulan data dilakukan pada hari kamis, tanggal 24 April 2014 jam pelajaran ke 7-8 dengan cara observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Dalam pengumpulan data didapatkan 29 PID, kemudian direduksi PID yang sesuai dengan tema menjadi 13 Udaut yang terdiri dari pelibatan guru, siswa, dan materi. Udaut yang telah terkumpul dianalisis dengan cara diurai, diulas, dirangkum, disimpulkan, dan disarankan untuk direkomendasikan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Menulis Kreatif Puisi kelas VIID 2013/2014 belum berhasil dengan baik. Hal ini disebabkan oleh hal-hal berikut. (a) Siswa, siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran, dan kurang aktif dalam pembelajaran menulis kreatif puisi, (b) Guru, masih bersifat teacher centered atau pembelajaran berpusat pada guru, guru sudah jelas dalam menerangkan materi hanya saja masih menoton sehingga siswa menjadi bosan, dan belum menggunakan media pembelajaran yang tepat. (c) Sarana dan prasarana belum memadai, buku sebagai sumber belajar masih kurang sehingga siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi menulis kreatif puisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 14 Feb 2019 09:02
Last Modified: 14 Feb 2019 09:02
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item View Item