PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BERDASARKAN GAMBAR SERI (Studi Kasus Pada Kelas III SD Negeri Danusuman I, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012)

Susapto, Susapto (2015) PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BERDASARKAN GAMBAR SERI (Studi Kasus Pada Kelas III SD Negeri Danusuman I, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Susapto.fix.pdf

Download (650kB)

Abstract

Susapto. NIM 08 PSC 00819. Pembelajaran Menulis Karangan Sederhana Berdasarkan Gambar Seri (Studi Kasus Pada Kelas III SD Negeri Danusuman I, Kecamatan Serengan, Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Tesis: Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2015. Berdasar atas identifikasi masalah, maka dapat dipertegas dengan rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri pada siswa kelas III Sekolah Dasar Danukusuman I Surakarta?; 2) Mengapa pelaksanaan pembelajaran menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri pada siswa kelas III Sekolah Dasar Danukusuman I Surakarta dilaksanakan seperti pada saat peneliti melakukan pengamatan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data berupa aktivitas, informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, di-tektualisasikan, di-multikolomkan, di-segmentasikan, di-tematisasi, di- proposisionalisasi, dan di-reduksi. Teknik analisisnya menggunakan data. Pada analisis data dapat dideskripsikan data lapangan berupa kinerja guru, metode penelitian, materi ajar, evaluasi pembelajaran, dan kegiatan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dibahas pada bab sebelumnya, dapat diketahui dan dsimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1. Proses pembelajaran menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri di kelas III SD Negeri Danusuman I Serengan Surakarta. Pelaksanaan pembelajaran belum diawali dengan apersepsi tetapi guru langsung menjelaskan materi yang berkaitan erat dengan menulis karangan sederhana secara tergesa-gesa. Selanjutnya, hal-hal yang diteliti dalam proses pembelajaran yang terdiri atas kinerja guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), materi ajar, kemampuan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dalam menulis karangan sederhana, dan teknik evaluasi yang dilakukan oleh guru. Dari hasil penelitian itu tidak dapat diketahui dan disimpulkan hal -hal sebagai berikut: a. Guru dapat mengelola waktu pembelajaran dengan tepat; b. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dengan seksama; c. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran bervariasi; d. Teknik evaluasi yang dilakukan guru belum ada standarnya. 2. Penyebab terjadinya pembelajaran menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri di kelas III SD Negeri Danusuman I Serengan Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 sebagai berikut. a. Guru dapat mengelola waktu pembelajaran dengan tepat karena guru telah memahami tahapan sistem pembelajaran; b. Siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dengan seksama karena guru tidak bisa mengkondisikan kelas; c. Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran bervariasi, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami keterampilan mengarang; d. Teknik evaluasi yang dilakukan guru belum ada standarnya karena guru dalam pelaksanaan evaluasi tidak menggunakan criteria penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 14 Feb 2019 09:20
Last Modified: 14 Feb 2019 09:20
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/294

Actions (login required)

View Item View Item