PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALIBAGOR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Annisa, Vidya Purbandari (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KALIBAGOR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Anisa Vidya P fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

ANNISA VIDYA PURBANDARI. 1513102666. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Discovery Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kalibagor Tahun Pelajaran 2015/2016. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran discovery pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kalibagor tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kalibagor yang berjumlah 29 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data yang terkumpul berupa hasil belajar siswa di ambil dengan menggunakan test akhir siklus berupa test uraian, sedangkan data aktivitas siswa dapat di ambil menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas siswa mengalami peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II, yakni mengemukakan pendapat dari 20,7% menjadi 51,7%, bertanya dari 24,1% menjadi 41,4%, menjawab pertanyaan dari 34,5% menjadi 37,9%, mengerjakan soal di depan kelas dari 41,4% menjadi 55,2%, memperhatikan guru saat mengajar dari 69% menjadi 96,6%, mencatat materi penting dari 69% menjadi 86,2%, dan mengerjakan soal yang diberikan guru dari 86,2% menjadi 93,1%. 2) Hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan belajar siswa meningkat mulai dari kondisi awal 41,4% (rata-rata kelas 59,1), pada siklus I setelah menggunakan model pembelajaran discovery naik menjadi 62,1% (rata-rata kelas 68,8), dan pada siklus II naik menjadi 82,8% (rata-rata kelas 76,7). Dengan adanya hasil tes akhir siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan di kelas yakni Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 70 atau minimal 70% dari jumlah siswa telah tercapai, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesa yang peneliti ajukan dinyatakan berhasil, penerapan model pembelajaran discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Kalibagor tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 21 Feb 2019 02:28
Last Modified: 21 Feb 2019 02:28
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item