PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 TUKO KECAMATAN PULOKULON, KABUPATEN GROBOGAN, TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nova, Aditya Putra (2016) PEMBELAJARAN MENULIS PANTUN PADA SISWA KELAS IV SDN 2 TUKO KECAMATAN PULOKULON, KABUPATEN GROBOGAN, TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Nova aditya putra.fix.pdf

Download (926kB)

Abstract

NOVA ADITYA PUTRA. NIM : 1311109293. Skripsi : Pembelajaran Menulis Pantun pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tuko Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Tahun Pelajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Widya Dharma Klaten. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tuko Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Tahun Pelajaran 2016/2017? Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara mendalam pembelajaran menulis pantun pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tuko Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan, Tahun Pelajaran 2016/2017 Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan bentuk interaktif. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis pantun di kelas IV SD Negeri 2 Tuko Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan ditemukan hal-hal sebagai berikut. 1) Aspek guru : Selama proses pembelajaran berlangsung pengelolaan waktu oleh guru dirasa kurang baik. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dalam mengelola waktu kadang- kadang tidak tepat dengan alokasi waktu yang ditentukan; 2) Aspek metode : Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab; 3) Aspek siswa : Siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan guru dalam menyampaikan materi menulis pantun; 4) Aspek media : guru tidak menggunakan media tertentu dalam pembelajaran, guru hanya menggunakan teks pantun dari buku pelajaran; 5) Aspek Evaluasi : Dalam evaluasi guru menggunakan penilaian dengan tes yaitu dilakukan secara tertulis, lisan, dan perbuatan (praktik).

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 23 Feb 2019 01:48
Last Modified: 23 Feb 2019 01:48
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/590

Actions (login required)

View Item View Item