ENHANCING STUDENTS’ COMPETENCE IN WRITING RECOUNT TEXT USING SEQUENCED PICTURES (A Classroom Action Research at Eighth Year Students of MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes Academic Year 2015/2016)

Nurlaeli, Nurlaeli (2016) ENHANCING STUDENTS’ COMPETENCE IN WRITING RECOUNT TEXT USING SEQUENCED PICTURES (A Classroom Action Research at Eighth Year Students of MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes Academic Year 2015/2016). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Nur Laeli.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurlaeli, NIM 14PSC01666, Enhancing Students’ Competence in Writing Recount Text Using sequenced pictures (A Classroom Action Research at Eighth Year Students of MTs Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes Academic Year2015/2016). Thesis. Jurusan Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana , Universitas Widya Dharma Klaten, 2016. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui/mengamati apakah penggunaan gambar yang diurutkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis Recount text. 2) untuk menggambarkan/mengetahui situasi kelas ketika mengajar menggunakan gambar yang diurutkan pada siswa kelas 8 di MTs.Assalafiyah Luwungragi tahun Pelajaran 2015/2016.Penelitian ini adalah penelitan tindakan kelas terdiri dari 3 siklus, yaitu pra siklus, siklus 1 dan siklus 2, masing-masing siklus terdiri dari 4 langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan kegiatan, obrservasi kelas dan refleksi. Sementara itu, data pendukung juga diambil dari observasi. Subyek penelitian ini adalah kelas VIII A MTs. Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes. Dan untuk mengetahui kemampuan siswa menulis teks recount, hasil masing-masing tes dianalisis. Partisipasi siswa ketika pelaksanaan pengajaran dan pembelajaran diambil dari hasil observasi. Hasil rata-rata pada tes menulis teks recount di pra siklus yaitu : 62,70 dan siklus kedua 69,32 . Hasil ini tidak mencapai target nilai rata-rata pada penelitian ini yaitu >70. Disamping itu hasil dari observasi kelas yang telah dilaksanakan pada pra siklus dan siklus 1. Keterlibatan siswa pada proses pembelajaran teks recount 41,93% dan 67,74%. Maka dari itu penelitian ini dilanjutkan pada siklus kedua dengan merevisi pelaksanaan pada pra siklus dan siklus pertama seperti mengoptimalkan keaktifan dan partisipasi siswa pada proses pembelajaran dan memberikan kosakata yang cukup dan informasi yang berhubungan dengan teks terkait.Hasil rata-rata pada tes menulis pada siklus kedua lebih baik yaitu 73,25 dan dikategorikan sebagai baik dan 4 siswa mendapatkan skor > 80 dan termasuk kategori Baik sekali. Disamping itu keterlibatan siswa pada proses pembelajaran ini meningkat dari 62,70% di pra siklus, meningkat menjadi 80,64% pada sisklus kedua. Itu artinya kedua-duanya antara tes siswa menulis siswa dan keterlibatan atau keaktifan siswa pada prosses pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus ketiga dan memenuhi target pada penelitian ini. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gambar berurutan (Sequence Picture ) dapat meningkatan kemampuan siswa menulis teks recount. Kemudian menganjurkan kepada guru bahasa Inggris untuk dapat menerapkan gambar berurutan sebagai media alternatif pengajaran bahasa Inggris, khususnya pada pengajaran teks recount. Diharapkan untuk memfasilitasi dan menolong siswa untuk bekerja sama dan berbagi pengetahuan serta pengalaman dengan teman-temannya untuk memecahkan masalah pada penulisan teks recount. Key words: The use of Sequenced Pictures, Students’ Writing Recount Text

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:29
Last Modified: 25 Feb 2019 01:29
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item View Item