PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SD Negeri I Ngunggahan Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015 / 2016)

Nuriyah, Fadhkul Jannah (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SD Negeri I Ngunggahan Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015 / 2016). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Nuriyah Fadkhul Jannah.fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nuriyah Fadkhul Jannah NIM 14PSC01635. “Peningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf dengan Menggunakan Media Gambar Seri (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III SD Negeri I Ngunggahan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2015 / 2016)”. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2016 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf dengan penggunaan media gambar seri pada siswa kelas III SD Negeri I Ngunggahan Tahun Pelajaran 2015/2016. Variabel yang menjadi sasaran perubahan adalah keterampilan menulis paragraf, sedangkan variabel tindakan yang digunakan adalah media pembelajaran gambar seri. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Ngunggahan yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif untuk data yang berupa angka (kuantitatif) dan deskriptif kualitatif untuk data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian Penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan proses sekaligus keterampilan menulis paragraf. Hal ini ditandai dengan peningkatan presentase keaktifan siswa di setiap siklusnya. Selain itu peningkatan keterampilan menulis paragraf dapat diketahui dari jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar dari siklus I dan siklus II. Disamping itu juga adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf dari siklus I dan Siklus II. Peningkatan- peningkatan tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut: pada kondisi awal, nilai rerata keterampilan menulis paragraf siswa adalah 51,16 dengan tingkat ketuntasan klasikal 17 % atau 2 siswa yang tuntas. Pada siklus I, nilai rerata keterampilan menulis paragraf siswa 66,50 dengan tingkat ketuntasan klasikal 50 % atau 6 siswa yang tuntas. Pada siklus II, nilai rerata siswa 79,33 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal 92 % atau 11 siswa yang tuntas. Kata kunci: keterampilan menulis paragraf, media gambar seri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Feb 2019 01:32
Last Modified: 25 Feb 2019 01:32
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item