PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Candi Baru I Karangmojo Gunungkidul Tahun 2015/2016 )

Suryadi, Suryadi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SD Negeri Candi Baru I Karangmojo Gunungkidul Tahun 2015/2016 ). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Suryadi.fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Suryadi, Nim 14PCS01681 MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN (Penelitian Tindakan Sekolah di kelas V SD Negeri Candi Baru I Karangmojo Gunungkidul Tahun 2015/2016) . Tesis : Program Pasca Sarjana Universitas Widya Dharma Klaten. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: 1) kualitas proses pembelajaran menulis laporan, yang berupa keaktifan dan kerja sama siswa; dan 1) kualitas hasil pembelajaran menulis laporan, yang berupa kemampuan siswa dalam menghasilkan sebuah laporan dengan menggunakan ejaan yang benar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SD Negeri Candi Baru I Karangmojo dengan subjeknya siswa kelas V dengan jumlah siswa 24 orang, yang terdiri dari 13 siswa putri dan 11 siswa putra. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Proses penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang meliputi empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan interpretasi, serta tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran menulis laporan baik kualitas proses maupun hasil. Peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis laporan ditandai dengan meningkatnya: 2) nilai rata- rata proses keaktifan siswa dan 2) nilai rata-rata proses kerja sama siswa dengan kelompok. Nilai rata-rata keaktifan siswa meningkat dari nilai siklus I yang sebesar 32 menjadi 53.75 pada siklus II dan 71.041 pada siklus III. Nilai rata-rata kerja sama siswa dalam kelompok juga meningkat dari nilai siklus I yang sebesar 54.16 menjadi 64.16 pada siklus II dan 76 pada siklus III. Peningkatan kualitas hasil pembelajaran menulis laporan ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil laporan siswa. Nilai rata-rata hasil laporan siswa juga meningkat dari nilai siklus I yang sebesar 58.95 menjadi 68.5 pada siklus II dan 79.12 pada siklus III dan telah mencapai batas nilai ketuntasan yang ditetapkan, yaitu 70.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:12
Last Modified: 25 Feb 2019 07:12
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item