Analisis Strategi Pemasaran Berbasis Kualitas Pelayanan Konsumen PT Bank Bumi Arta KCP Klaten.

Cahya, Ahdi Romadhona (2017) Analisis Strategi Pemasaran Berbasis Kualitas Pelayanan Konsumen PT Bank Bumi Arta KCP Klaten. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Cahya Fix.pdf

Download (658kB)

Abstract

CAHYA AHDI ROMADHONA. NIM: 1301103517. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Widya Dharma Klaten, Analisis Strategi Pemasaran Berbasis Kualitas Pelayanan Konsumen PT Bank Bumi Arta KCP Klaten. Kualitas suatu pelayanan untuk kepuasan /pelanggan sangat penting dari suatu perusahaan jasa, agar perusahaan dapat selalu tumbuh dan dapat bersaing dalam meraih pasar pada era perdagangan bebas dewasa ini. Berdasarkan pengamatan sementara yang penulis lakukan, pelayanan yang diberikan oleh Bank Bumi Arta KCP Klaten masih memerlukan peningkatan terus-menerus terutama dalam pelayan kepada pelanggan. Hal tersebut terkait dengan masih adanya keluhan pelanggan (nasabah) khususnya nasabah kredit. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah strategi pemasaran berbasis kualitas pelayanan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah PT Bank Bumi Arta Kantor Cabang Pembantu Klaten. Penelitian ini dilakukan di PT Bank Bumi Arta Kantor Cabang Pembantu Klaten. Penelitian dilakukan pada pelanggan/nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah PT Bank Bumi Arta Kantor Cabang Pembantu Klaten. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian nasabah PT Bank Bumi Arta Kantor Cabang Pembantu Klaten. Adapun metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu pada pelanggan/nasabah yang bermitra dengan PT Bank Bumi Arta Kantor Cabang Pembantu Klaten. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan dilengkapi analisi SWOT. Berdasarkan analisis secara parsial, ternyata hasil penelitian membuktikan bahwa hanya empat variabel independen yaitu Reability, Responsiveness, Assurance, Emphaty mempunyai pengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu kepuasaan nasabah. Artinya menurut konsumen, variabel independen tersebut dianggap penting ketika akan melayani nasabah di bank. Dan Tangible berpengaruh negatif artinya menurut konsumen, variabel tangible perlu ditingkatkan karena belum bisa melayani nasabah, jika belum ditingkatkan maka kualitas tangible yang diberikan kepada nasabah tidak berpengaruh. Berdasarkan pengujian secara simultan, ternyata hasil penelitian membuktikan bahwa semua variabel independen kualitas pelayanan secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan nasabah. Hasil pengujian regresi berganda menunjukkan bahwa semua variable independen Reability, Responsiveness, Assurance, Emphaty berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Sementara untuk variabel tangible berpengaruh negatif. Hasil pengujian determinasi R memiliki tingkat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat yaitu sebesar 0,706 dan determinasi R2 menilai bahwa seberapa besar sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat dari pengujian penelitian variabel bebas mempengaruhi terhadap variabel terikat sebesar 0,643 atau sekitar 64,3%.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 01 Mar 2019 08:17
Last Modified: 01 Mar 2019 08:17
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/869

Actions (login required)

View Item View Item