PENGARUH PELAYANAN DAN CITARASA SOP AYAM PAK MIN (RAGIL) KLATEN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

Elsa, Abrila Puspita (2017) PENGARUH PELAYANAN DAN CITARASA SOP AYAM PAK MIN (RAGIL) KLATEN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Elsa Abrila Puspita.fix.pdf

Download (622kB)

Abstract

ELSA ABRILA PUSPITA. NIM: 1321103516. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Widya Dharma Klaten, Judul: Pengaruh Pelayanan dan Citarasa Sop Ayam Pak Min (Ragil) Klaten Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sop ayam Pak Min (Ragil) Klaten, 2) untuk mengetahui pengaruh penilaian citarasa sop ayam Pak Min (Ragil) Klaten terhadap kepuasan pelanggan, dan 3) mengetahui pengaruh penilaian citarasa sop ayam Pak Min (Ragil) Klaten terhadap kepuasan pelanggan Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan atau sifat seperti apa adanya dalam bentuk angka statistik. Penelitian ini dilaksanakan di warung Sop Ayam Pak Min (Ragil) Klaten yang berpusat di Jl. Mayor Kusmanto, Semangkak Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten, terutama. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua pengunjung yang datang di lokasi usaha untuk menikmati sop ayam Pak Min (Ragil). Adapun sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pengunjung yang datang di lokasi usaha untuk menikmati sop ayam Pak Min (Ragil) dan yang dijadikan responden berjumlah 40 pengendara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu bentuk pengambilan sampel dengan pertimbangan yang disesuaikan dengan tujuan peneliti yaitu pelanggan atau pengunjung warung soto Pak Min (Ragil. Teknik pengumpulan data dengan mengisi kuesioner/angket. Sedangkan analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan analisis diperoleh data 1) bahwa ada pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada sop ayam Pak Min Ragil, yang ditunjukkan oleh Fhitung= 30,51 > F (1 ; 38 ; 0,05) = 4,10; 2) ada pengaruh penilaian citarasa sop ayam terhadap kepuasan pelanggan, hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung = 61,55 > F (1 ; 38 ; 0,05) = 4,10, pada sop ayam Pak Min Ragil; dan 3) terdapat pengaruh bersama pelayanan dan citarasa makanan terhadap kepuasan pelanggan pada sop ayam Pak Min Ragil, hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung = 63,55 > F (2 ; 37 ; 0,05) = 3,255, dengan taraf signifikansi 5%.. Adapun sumbangan relatif prediktor penilaian citarasa sop ayam sebesar 90,64 % sedangkan sumbangan efektif prediktor pelayanan sebesar 7,19 % dan sumbangan efektif prediktor penilaian citarasa sop ayam sebesar 69,7%, oleh karena itu maka prediktor penilian citarasa sop ayam mempunyai pengaruh yang besar terhadap kriterium kepuasan pelanggan jika dibandingkan dengan pelayanan yang relatif kecil pengaruhnya terhadap kriterium kepuasan pelanggan. Kata kunci: kualitas pelayanan, citarasa, kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 02 Mar 2019 02:49
Last Modified: 02 Mar 2019 02:49
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item