PENGARUH HARGA, PROMOSI, KERAGAMAN PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PT. INTAN PARIWARA KLATEN

Ayu, Tri Manunggal (2018) PENGARUH HARGA, PROMOSI, KERAGAMAN PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PT. INTAN PARIWARA KLATEN. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Ayu Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI PT. INTAN PARIWARA KLATEN Oleh: AYU TRI MANUNGGAL NIM.1421103621 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : seberapa besar pengaruh antara harga, promosi dan keragaman produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume pejualan di PT. Intan Pariwara. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah harga, promosi dan keragaman produk mempengaruhi terhadap volume pejualan di PT. Intan Pariwara. Lingkup Penelitian dilakukan di wilayah PT. Intan Pariwara. Subjek penelitian adalah pelanggan di PT. Intan Pariwara. Adapaun teknik pengambilan sampel dengan kuesioner yaiyu mengumpulkan informasi dengan menyampaikan sejumlah pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis oleh responden. Analisis data menggunakan metode regresi linier berganda, karena variable yang digunakan lebih dari dua variabel. Pengujian statistik dengan Uji F (simultan) dan Uji t (parsial). Berdasarkan deskripsi data, karakteristik resposen mayoritas adalah berjenis kelamin perempuan sebesar 55% berkisaran usia 31-40 sebagian besar adalah wiraswasta. Sedangkan berdasarkan analisis data yang diperoleh harga (X1), promosi (X2), keragaman produk (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data primer. Rumus yang digunakan dalam pengumpulan data adalah korelasi yang hasilnya untuk harga terhadap volume penjualan adalah thitung > ttabel yaitu thitung = 2,939 > ttabel = 1,985, hasil uji korelasi untuk promosi terhadap volume penjualan adalah thitung>ttabel yaitu thitung (4,566) > ttabel (1,985) dan korelasi antara keragaman produk terhadap volume penjualan thitng>ttabelyaitu thitung (4,662 > ttabel (1,985) dengan persamaan regresi Y= ao + a1X1 + a2X2 + a3X3 maka didapat Y=5,455Y + 0,244X1 + 0,379X2 + 0,387X3 dan uji signifikasi ialah Fhitung>Ftabel maka F hitung = 34,242 > F tabel 2,70 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa diterima atau terbukti bahwa ada pengaruh positif secara komprehensif maupun parsial yang signifikan antara harga,promosi dan keragaman produk terhadap volume penjualan di PT. Intan Pariwara. Dan variabel keragaman produk paling dominan berpengaruh.Besarnya dipengaruhi variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian ini ditunjukan dengan nilai R Square sebesar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dalam penelitian ini adalah 57,2%. Sedangkan sisanya yaitu 42,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 09 Mar 2019 03:36
Last Modified: 09 Mar 2019 03:36
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item