PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTU ALAT PERAGA KERTAS WARNA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Jarot, Purnomo (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA BERBANTU ALAT PERAGA KERTAS WARNA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Jarot fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jarot Purnomo. NIM. 1613100031. Program Studi Pcndidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi "Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantu Alat Peraga Kertas Warna Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Klaten Tahun Pelajaran 2017 / 2018" Tujuan penelitian : (1) Meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII H SMP Negeri 4 Klaten tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya berbantu Kertas Warna., dan (2) meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII H SMP Negeri 4 KlatenTahun Pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya berbantu Kertas Warna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan siklus I terdiri 1 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Tahapan pada setiap siklusnya adalah persiapan, perencanaan, pelaksanaa, pengamatan, refleksi dan tindak lanjut. Pada setiap akhir siklus diakhiri dengan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 4 Klaten tahun pelajaran 2017 / 2018. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, pengamatan dan tes. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian beruap lembar angket motivasi, lembar pengamatan dan soal tes. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah motivasi tinggi siswa meningkat di setiap siklusnya yang ditunjukan dengan peningkatan persentase jumlah siswa yang memenuhi indikator motivasi tinggi minimal 80% dan minimal 85% jumlah siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal 71. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran tutor sebaya berbantu kertas warna dapat meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar siswa kelas 7 SMP Negeri 4 Klaten pada materi persamaan linier satu variabel. Peningkatan motivasi siswa kategori tinggi dari 7 siswa (22,6%) naik menjadi 19 siswa (61,3%) dan naik lagi menjadi 27 siswa (87,1%). Untuk kategori sedang dari 20 siswa (64,5%) pada Pra Siklus, turun menjadi 12 siswa (38,7%) dan turun 4 siswa (12,9%), karena banyak siswa yang naik pada kategori tinggi. Sedangkan pada kategori rendah menurun dari 4 siswa (12,9%) menjadi tidak ada siswa yang memiliki motivasi rendah. Peningkatan hasil belajar matematika yang tuntas dari 10 siswa (32,2%), meningkat menjadi 23 siswa (74,2%) pada siklus I dan menjadi 29 siswa (93,5%) pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya berbantu alat peraga kertas warna dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Klaten Tahun Pelajaran 2017 / 2018.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Mar 2019 07:28
Last Modified: 11 Mar 2019 07:28
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item