UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Fadhila, Baroroh (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Fadhila B fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

FADHILA BAROROH. NIM 1413102599. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi: Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Auditory Intellectually Repetition pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kemampuan komunikasi melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), dan (2) meningkatkan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran AIR. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Klaten tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) kemampuan komunikasi siswa dikatakan berhasil jika mencapai 76% dari jumlah siswa, (2) nilai prestasi belajar siswa mencapai nilai KKM yaitu 66 dan persentase ketuntasan 75% dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran AIR dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa yang dilihat dari: (1) peningkatan persentase kemampuan komunikasi siswa dari siklus I ke siklus II meliputi: (a) siswa memperhatikan guru menjelaskan materi meningkat dari 80,65% menjadi 93,55%, (b) siswa mengajukan pertanyaan meningkat dari 41,94% menjadi 80,65%, (c) siswa menjawab pertanyaan meningkat dari 25,81% menjadi 77,42%, (d) siswa bekerja sama dalam kelompok meningkat dari 64,52% menjadi 83,87%, (e) siswa mendengarkan presentasi kelompok meningkat dari 83,87% menjadi 87,10%, (f) siswa mencatat materi meningkat dari 87,10% menjadi 90,32%, (g) siswa menyimpulkan materi meningkat dari 45,16% menjadi 77,42%, (h) siswa mengerjakan latihan soal meningkat dari 80,65% menjadi 87,10%, dan (2) peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II nilai rata-rata meningkat dari 70,29 menjadi 80,35, persentase ketuntasan meningkat dari 58,06% menjadi 87,10%. Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran AIR dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Klaten tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Mar 2019 08:02
Last Modified: 11 Mar 2019 08:02
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item View Item