UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 JOGONALAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Oktavia, Purwanti (2018) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 JOGONALAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Oktavia P fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

OKTAVIA PURWANTI. 1413102570. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Jogonalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence pada siswa kelas VII SMP N 1 Jogonalan Klaten tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VII SMP N 1 Jogonalan tahun pelajaran 2017/2018. Pembelajaran menggunkan pokok bahasan persegi panjang dan persegi dengan menggunkan model pembelajaran Concept Sentence yang telah disusun diberikan kepada siswa untuk dua siklus. Siklus I dilaksanakan 4 kali pertemuan dan siklus II 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Jogonalan yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Data peningkatan aktivitas ini diambil dengan observasi guru selama proses pembelajaran. Sedangkan untuk prestasi belajar dengan menggunakan tes evaluasi berbentuk uraian Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengelolaan aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 70,05% menjadi 75,73% . (2) aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. (3) Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 56,25% menjadi 81,25%. Hasil tes akhir siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu tersbut terdapat 80% yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 73. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP N 1 Jogonalan Klaten tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Mar 2019 09:08
Last Modified: 11 Mar 2019 09:08
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1212

Actions (login required)

View Item View Item