UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEMIN GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Paino, Paino (2018) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEMIN GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Paino.fix.pdf

Download (15MB)

Abstract

Paino. NIM 1513102637. Program Studi Pcndidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi "Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Semin Gunungkidul Tahun Pelajaran 2016/2017". Tujuan penelitian ini : (1) Meningkatkan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semin Gunungkidul Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, dan (2) Meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semin Gunungkidul Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus, dengan siklus I terdiri dari dua pertemuan, dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Tahapan pada setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada setiap akhir siklus siswa diberikan tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Semin Gunungkidul pada tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah aktivitas rata-rata siswa meningkat di setiap siklusnya yang ditunjukkan dengan peningkatan persentase jumlah siswa yang memenuhi indikator pada lembar observasi aktivitas siswa dan minimal 75% siswa mencapai mencapai kriteria ketuntasan minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil pengamatan terhadap siswa dalam penelitian ini bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu : a) membaca LKPD/buku, b) mengamati penjelasan guru /presentasi dari peserta, c) mengajukan pertanyaan, tanggapan/saran, d) melakukan diskusi kelompok, e) melakukan presentasi hasil diskusi kelompok, f) mendengarkan penjelasan guru, g) mendengarkan presentasi, pendapat, pertanyaan peserta didik, h) menulis hasil diskusi LKPD, i) menulis kesimpulan/ rangkuman, j) melakukan percobaan/pengukuran, penemuan sifat/rumus, pemecahan masalah, k) tenang/tidak gaduh. (2) Peningkatan hasil belajar matematika yang memperoleh nilai ≥ 75 dari 68,75% pada siklus I menjadi 90,62 %. pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semin Gunungkidul Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Mar 2019 09:12
Last Modified: 11 Mar 2019 09:12
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item