UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Yatik, Octaviani (2018) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Tatik Octaviani fix.pdf

Download (445kB)

Abstract

YATIK OCTAVIANI. NIM 1413102607. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi “Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Treffinger Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018”. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui: Ada tidaknya peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran treffinger pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi persegi dan persegi panjang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Klaten Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika aktivitas siswa pada pembelajaran matematika dengan hasil keaktifan 81.25 dari jumlah siswa dan termasuk kategori sangat aktif, nilai belajar matematika siswa minimal mencapai 66 dan banyaknya siswa yang tuntas belajar mencapai 80% dari jumlah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu mempersiapkan alat tulis dan buku pelajaran dengan hasil rata -rata 73.38 menjadi 92.73, (b) memperhatikan penjelasan peneliti/teman yang presentasi dengan hasil rata-rata 71.77 menjadi 91.12, (c) mencatat hal-hal yang penting dengan hasil rata-rata 74.19 menjadi 91.12, (d) mengajukan pertanyaan/tanggapan dengan hasil rata-rata 75.39 menjadi 89.10, (e) mengerjakan LKS dengan hasil rata-rata 73.78 menjadi 89.11, (f) bekerja sama dalam kelompok dengan hasil rata-rata 70.56 menjadi 93.94, (g) mendengarkan ketika kelompok lain presentasi dengan hasil rata- rata 70.56 menjadi 93.14. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa naik dari 78.10 menjadi 87.03 dengan persentase siswa yang tuntas naik dari 61.29% menjadi 87.10% dan persentase ketidaktuntasan turun dari 38.71% menjadi 12.90%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran treffinger dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Klaten.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Mar 2019 09:42
Last Modified: 11 Mar 2019 09:42
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1224

Actions (login required)

View Item View Item