PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 DELANGGU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ude, Rosiyanti (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 DELANGGU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Ude Rosiyanti fix.pdf

Download (696kB)

Abstract

UDE ROSIYANTI NIM : 1213102486. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Delanggu Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui. 1) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Delanggu 2017/2018. 2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Delanggu 2017/2018. 3) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan secara bersamaan kecerdasan emosi dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Delanggu 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 178 siswa yang terdiri dari 5 kelas, yaitu kelas A, B, C, D, dan E di SMP Negeri 3 Delanggu. Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas yaitu kelas VII B dengan jumlah 35 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengisian angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode regresi linier berganda, uji t, uji F, korelasi ganda dan koefisiensi determinasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Delanggu 2017/2018, maka dapat disimpulkan: 1) Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Delanggu 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dari hasil penghitungan nilai t hitung sebesar 2,590 dengan probabilitas signifikansi adalah 0,018 berada lebih rendah dari pada  = 0,05. 2) Ada pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Delanggu 2017/2018. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan nilai t hitung sebesar 2,422 dengan probabilitas signifikansi adalah 0,022 berada lebih rendah dari pada  = 0,05. 3) Ada pengaruh yang signifikan secara bersamaan kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Delanggu 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dari hasil penghitungan dimana nilai F hitung > F tabel (5,742 > 3,290) dan signifikasi < 0,05 (0,007 < 0,05). Nilai koefisien determinasi sebesar 0,264 artinya kecerdasan emosional dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 26,4% sedangkan sisanya sebesar 73,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 11 Mar 2019 09:45
Last Modified: 11 Mar 2019 09:45
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item