KEEFEKTIFAN METODE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2017/2018

Akhmad, Azwar Maulid (2018) KEEFEKTIFAN METODE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2017/2018. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Akhmad Fix.pdf

Download (731kB)

Abstract

AkhmadAzwarMaulid. NIM : 1681100035. KEEFEKTIVAN METODE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA PADA SISWA KELAS VIISMP NEGERI 1 BUMIJAWAKABUPATEN TEGALTAHUN AJARAN 2017/2018. Tesis. Program Studi Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2018. Penelitian Eksperimen ini bertujuan (1) Mendeskripsikan keefektifan metode practice-rehearsal pairs dalam pembelajaran berbicara pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bumijawa.(2) Membandingkan pembelajaran berbicara menggunakan metode konvensional dengan metode practice-rehearsal pairs padasiswakelas VII SMP Negeri 1 Bumijawa. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan analisis data, nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol lebih kecil dari pada kelas eksperimen. Nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 65,835, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 75,621. Selain itu, perolehan skor tertinggi kelas eksperimen masih lebih baik dari pada kelas kontrol. Pada kelas kontrol, skor tertinggi yang berhasil dicapai sebesar 80, sedangkan pada kelas eksperimen skor tertinggi sebesar 87,5. Kemudian, jumlah siswa kelas eksperimen yang berhasil mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) juga lebih banyak jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, yang berhasil mencapai KKM sebanyak 15 atau atau 51,7%, sedangkan pada kelas kontrol hanya 5 siswa yang berhasil mencapai KKM atau 16,67%. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode practice-rehearsal pairs dapat meningkatkanketerampilan siswa dalam berbicara serta mampu mendorong minat siswa untuk lebih menyukai pembelajaran berbicara, ditandai dengan kemampuan siswa dalam menyampaikan pengenalan tokoh yang ,menjelaskanmasalah yag dihadapi tokoh, menjelaskan penyelesaian masalah dengan memperhatikan aspek kebahasaan dan nonkebahasaan.Hal ini diperkuat oleh hasil pengujian hipotesis. Pada pengujian hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 5,161 yang ternyata lebih besar dari ttabel pada dk.= 57 untuk taraf signifikansi 5% sebesar 2,003. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode practice-rehearsal pairs efektif dalam pembelajaran berbicara pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bumijawa tahun pelajaran 2017/2018 Kata kunci : Keefektifan, Practice- Rehearsal Pairs, Berbicara

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:31
Last Modified: 12 Mar 2019 01:41
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item