PEMBELAJARAN TEMATIK MEMBACA TEKS DESKRIPTIF TENTANG ANGGOTA KELUARGA DI KELAS I MI YAPPI KARANGWETAN, SEMIN, GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Iskandar, Iskandar (2018) PEMBELAJARAN TEMATIK MEMBACA TEKS DESKRIPTIF TENTANG ANGGOTA KELUARGA DI KELAS I MI YAPPI KARANGWETAN, SEMIN, GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Iskandar Fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

ISKANDAR, NIM.1681100008. ”Pembelajaran Tematik Membaca Teks Deskriptif tentang Anggota Keluarga di Kelas I MI YAPPI Karangwetan Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa. Program Pascasarjana. Universitas Widya Dharma Klaten, 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik membaca teks deskriptif tentang anggota keluarga pada siswa kelas I MI YAPPI Karangwetan Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. 2) Menemukan hal-hal yang menyebabkan proses pembelajaran tematik membaca teks deskriptif tentang anggota keluarga berlangsung seperti pada saat peneliti melakukan pengamatan. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dalam pembelajaran tematik membaca teks deskriptif tentang anggota keluarga. Pernyataan Identitas Data (PID) diperoleh dari hasil observasi dengan merekam atau shooting. Hasil rekaman ditekstualisasi dengan multikolom yang terdiri dari tapak-tapak jejaring (tajering). Setiap tajering satu tema. Dari hasil tersebut menjadi PID. Dalam penelitian ini ada 33 PID, selanjutnya direduksi menjadi 27 Unit Data Utama (Udaut). Udaut selanjutnya dikaji atau dibahas. Yang dibahas berkaitan dengan aspek guru, siswa, materi, media, dan evaluasi. Sedangkan 6 PID yang tidak dijadikan Udaut dikarenakan tidak berkaitan dengan strategi pembelajaran. Berdasarkan pembahasan data dalam penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran tematik membaca teks deskriptif tentang anggota keluarga kelas I MI YAPPI Karangwetan berlangsung sebagai berikut: a) guru menyiapkan siswa secara fisik maupun psikis, b) guru menyampaikan materi membaca teks deskriptif tentang anggota keluarga, c) guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, permainan/simulasi, penugasan, dan diskusi, d) guru menggunakan media papan tulis, e) guru melaksanakan evaluasi dengan membagikan lembar soal jawaban singkat, f) siswa menjawab pertanyaan guru, memperhatikan temannya membaca, berdiskusi, mengerjakan evaluasi. 2) Penyebab pembelajaran tematik membaca teks deskriptif tentang anggota keluarga berlangsung seperti pada saat peneliti melakukan pengamatan yaitu: a) apersepsi biasanya digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa, b) guru perlu menjelaskan materi sehingga siswa-siswa akan belajar bagaimana membaca teks deskriptif tentang anggota keluarga, c) guru lupa menyiapkan bagan untuk pembelajaran, d) evaluasi digunakan untuk mengetahui daya serap siswa terhadap materi yang diberikan, e) evaluasi untuk mengetahui kemampuan siswa setelah pembelajaran selesai, f) karena siswa ingin menjadi pembaca dan penyimak dengan lancar dan baik, g) siswa melakukan semua instruksi guru karena mereka benar-benar ingin belajar dan berusaha untuk memenuhi kriteria dari standar yang ditetapkan karena ingin memperoleh nilai diatas KKM. Kata Kunci: Pembelajaran tematik, membaca teks deskriptif, studi kasus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:03
Last Modified: 12 Mar 2019 04:03
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1247

Actions (login required)

View Item View Item