PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA DENGAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DUA DIMENSI INFORMATIF (PENELITIAN TINDAK KELAS DI KELAS XI C SLB NEGERI BREBES TAHUN AJARAN 2017/2018)

Ratri, Wikaningtyas (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSAKATA DENGAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DUA DIMENSI INFORMATIF (PENELITIAN TINDAK KELAS DI KELAS XI C SLB NEGERI BREBES TAHUN AJARAN 2017/2018). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Ratri Fix.pdf

Download (600kB)

Abstract

Ratri wikaningtyas. NIM : 1681100025. Peningkatan Kemampuan Kosakata Dengan Menulis Teks Prosedur Siswa Berkebutuhan Khusus Menggunakan Media Animasi Dua Dimensi Informatif Di Kelas XI C SLB Negeri Brebes Tahun Ajaran 2017/2018. Tesis. Program Studi Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2018. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan (1) Mengetahui peningkatan kemampuan penambahan kosakata pada siswa SLB Negeri Brebes kelas XI C menggunakan animasi dua dimensi informatif. (2) Mengetahui peningkatan aktivitas penggunaan media animasi dua dimensi informatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindak kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Nontes berupa observasi, dokumen, wawancara, dan audio visual. Teknik analisis data dilakukan membandingkan nilai pre tes dan pos tes pada setiap siklus. Proses pembelajaran sudah berlangsung secara aktif, kreatif, menyenangkan, dan mampu membangkitkan motivasi belajar siswa, sehingga siswa dapat melakukan kegiatan peningkatan kosakata dengan menulis teks prosedur dengan baik. Hal tersebut ditunjukan melalui aspek-aspek yang terlibat dalam pembelajaran yaitu guru, siswa, materi ajar, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Berdasarkan hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Siklus I dapat diketahui t_(hitung )= 1,603 yang artinya lebih kecil dari t_tabel 5% yaitu 1,812. Maka Ho = diterima. Meskipun belum mencapai nilai yang di inginkan yaitu 60 sesuai dengan KKM namun dalam siklus I ini terdapat banyak perubahan nilai dari prasiklus 34,81 pada pre tes menjadi 35,64 pada pre tes siklus I. Selain itu terdapat peningkatan pada pos tes prasiklus yaitu 34,90 menjadi 36,72 pada pos tes siklus I. (2) Siklus II dapat diketahui t_(hitung )= 5,033 yang artinya lebih besar dari t_tabel 5% yaitu 1,812. Maka Ho = ditolak. Siklus II menunjukan hasil yang sangat memuaskan dari siklus I. Dengan peningkatan nilai yang baik dan mencapai ketuntasan, yaitu 35,64 pada pre tes siklus I menjadi 58,18 pada pre tes siklus II dan 36,72 pada pos tes siklus I menjadi 64 pada pos tes siklus II. Dengan adanya Ho ditolak dan peningkatan nilai yang sangat baik maka siklus II menjadi siklus terakhir dalam penelitian ini. Jadi, penggunaan media animasi dua dimensi informatif dapat meningkatkan kemampuan penambahan kosakata. Kata Kunci: Pembelajaran, Kosakata, Teks prosedur, Media.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Mar 2019 04:52
Last Modified: 12 Mar 2019 04:52
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item