UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MENGGUNAKAN METODE JIGSAW (PTK di SD Negeri I Gendayakan Kecamatan Paranggupito pada Siswa Kelas VI Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018)

Rudi, Setiawan (2018) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK MENGGUNAKAN METODE JIGSAW (PTK di SD Negeri I Gendayakan Kecamatan Paranggupito pada Siswa Kelas VI Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Rudi Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rudi Setiawan. 1681100011. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Menyimak Cerita Anak Menggunakan Metode Jigsaw (PTK di SD Negeri I Gendayakan Kecamatan Paranggupito Pada Siswa Kelas VI Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018). Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Pasca Sarjana Universitas Widya Dharma, Klaten. 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan menyimak Cerita Anak pada siswa kelas VI dengan metode Jigsaw. Berdasarkan hasil observasi awal, siswa kelas VI mengalami kesulitan pada pelajaran Bahasa Indonesia materi menyimak cerita anak. Siswa cenderung kurang antusias mengikuti pembelajaran, mereka semaunya sendiri bergerak dan berinteraksi dengan teman tanpa memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung yang mengakibatkan keterampilan menyimak cerita anak rendah. Untuk mengatasi masalah ini, digunakan metode pembelajaran jigsaw. Metode pembelajaran jigsaw merupakan metode pembelajaran kooperatif. Siswa belajar dalam kelompok yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen dan bekerja sama dan bertanggung jawab atas ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Gendayakan Kecamatan Paranggupito semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah siswa 9 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, angket siswa, test dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Berdasarkan angket dan observasi motivasi diketahui kondisi motivasi siswa pada pembelajaran pra siklus rata-rata rendah. Pada pembelajaran siklus 1 rata-rata motivasi siswa meningkat menjadi tinggi dan pada akhir siklus 2 meningkat lagi menjadi sangat tinggi. Dari hasil tes tertulis pada pembelajaran pra siklus nilai rata-rata 50 dan tingkat ketuntasan 22 %, sedangkan pada siklus 1 siswa yang mendapat nilai di atas 70 sebanyak 6 siswa (67 % ), rata- rata kelas mencapai 73,9. Pada akhir siklus II pencapaian nilai rata- rata kelas mencapai 87,8 dan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Dari hasil penelitian ini telah menunjukkan bahwa penggunaan metode Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan menyimak cerita anak. Kata kunci: Metode Jigsaw, Motivasi, Keterampilan Menyimak dan Cerita Anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Mar 2019 05:06
Last Modified: 12 Mar 2019 05:06
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item View Item