INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER WONTEN ING SERAT WEDHATAMA KANGGE BAHAN AJAR PASINAON BASA JAWI ING SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Shofia, Farida (2018) INTEGRASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER WONTEN ING SERAT WEDHATAMA KANGGE BAHAN AJAR PASINAON BASA JAWI ING SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Shofia Fix.pdf

Download (784kB)

Abstract

Shofia Farida. NIM 1681100009. “Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Serat Wedhatama untuk Bahan Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Kejuruan”. Tesis: Program Pascasarjana Universitas Widya Dharma Klaten. 2018. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Serat Wedhatama?; (2) Bagaimana integrasi nilai- nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Serat Wedhatama dapat digunakan untuk bahan pembelajaran Bahasa Jawa di SMK?; (3) Faktor apa saja yang menjadi kendala pelaksanaan pendidikan karakter dalam Serat Wedhatama untuk bahan pembelajaran Bahasa Jawa di SMK? Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah Serat Wedhatama, guru, dan siswa SMKN 1 Magelang. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif model interaktir dari Miles dan Huberman (2006). Hasil peneitian menyimpulkan bahwa: (1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Serat Wedhatama terdiri atas: (a) etika pribadi seperti: jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab; (b) etika sosial seperti: toleransi, demokratis, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, dan peduli sosial; (c) etika kepada Tuhan Yang Mahakuasa seperti: religius, cinta damai, dan cinta lingkungan; (2) Serat Wedhatama adalah salah satu materi yang terdapat dalam kurikulum SMK, yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman generasi muda tentang karya sastra Jawa. Serat Wedhatama mengandung nilai- nilai pendidikan karakter yang baik yang pantas dilestarikan oleh generasi muda, karena dapat digunakan untuk pedoman hidup di masyarakat; (3) Faktor yang menjadi kendala pelaksanaan pendidikan karakter di SMK, antara lain: (a) bahasa yang ditulis dalam Serat Wedhatama tidak menggunakan bahasa yang umum sehari-hari; (b) siswa kesulitan menghafal lagu yang terdapat pada Serat Wedhatama; (c) siswa ada yang memiliki pendapat bahwa pembelajaran Bahasa Jawa Serat Wedhatama sudah ketinggalan jaman, dan dianggap tidak penting untuk hidup bermasyarakat; (d) siswa kurang memiliki motivasi belajar untuk mengikuti pembelajaran Bahasa Jawa; (e) kurangnya bahan referensi tentang Serat Wedhatama; (f) guru kurang terampil dan inovatif menggunakan metode dan media pembelajaran yang dapat menyenangkan siswa. Kata kunci: Pendidikan karakter, Serat Wedhatama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Mar 2019 05:21
Last Modified: 12 Mar 2019 05:21
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1255

Actions (login required)

View Item View Item