ANALISIS GAYA BAHASA IKLAN DI TELEVISI EDISI SEPTEMBER–OKTOBER 2017

Dyah, Susilo Utami (2018) ANALISIS GAYA BAHASA IKLAN DI TELEVISI EDISI SEPTEMBER–OKTOBER 2017. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Dyah Fix.pdf

Download (591kB)

Abstract

Dyah Susilo Utami. NIM 1311109300. Skripsi. Analisis Gaya Bahasa Iklan di Televisi Edisi September-Oktober 2017. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Sebagai sajian jeda acara di televisi, iklan tidak dapat lepas dari gaya bahasa. Dengan gaya bahasa yang tepat dan tidak mengurangi keakuratan serta keunggulan produk, diyakini dapat menimbulkan daya tarik pada konsumen untuk mengenal, mempercayai, mencoba membeli lalu mengkonsumsi produk yang di iklankan tersebut. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Gaya bahasa apa sajakah yang terdapat dalam iklan di televisi? 2) Bagaimanakah maksud yang terkandung dalam iklan di televisi? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis gaya bahasa dan maksud yang terkandung dalam iklan di televisi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini adalah ujaran yang mengandung gaya bahasa tertentu pada iklan di televisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah tayangan iklan di stasiun televisi swasta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik rekam, simak dan catat. Teknik analisis data dengan membaca, menganalisis, mengklasifikasikan, lalu mengambil kesimpulan. Simpulan hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut, 1) telah ditemukan lima puluh tiga data iklan dengan empat belas gaya bahasa diantaranya Gaya Bahasa Hiperbola 37,73%, Ironi 7,54%, Paradoks 3,77%, Klimaks 5,66%, Simile 5,66%, Personifikasi 11,32%, Antitesis 5,66%, Koreksio 1,88%, Metonimi 3,77%, Polisindenton 5,66%, Asindenton 1,88%, Retoris 1,88%, Pararelisme 1,88%, Anafora 5,66%. Pada data tersebut hasil terbanyak adalah penggunaan gaya bahasa hiperbola. 2) Maksud yang terkandung dalam iklan diantaranya untuk menonjolkan berbagai macam sisi diantaranya menekankan kelebihan keuntungan pemakaian, segi rasa, kepraktisan, kualitas, daya tarik, membandingkan dengan merek secara tidak langsung, kebagusan dari segi waktu pemakaian produk, bermaksud menyindir produk lain, menonjolkan kelebihan kualitas, untuk pengingat produk, memperkenalkan produk, memberi pemantapan, menawarkan manfaat produk dengan harga yang murah tetapi kualitas bagus. Selain itu, terdapat daya tarik iklan yaitu fantasi, animasi, kesalahan, rasa takut, potongan kehidupan, gaya hidup, musik, artis dan humor.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Mar 2019 07:21
Last Modified: 12 Mar 2019 07:21
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1267

Actions (login required)

View Item View Item