ANALISIS STRUKTURAL NOVEL TERATAI KARYA YAYAN D. DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARANNYA DI SMA

Sugeng, Nur Khajifah (2018) ANALISIS STRUKTURAL NOVEL TERATAI KARYA YAYAN D. DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARANNYA DI SMA. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sugeng Fix.pdf

Download (583kB)

Abstract

SUGENG NUR KHAJIFAH. 1411109388. Analisis Struktural Novel Teratai Karya Yayan D. dan Implementasi Pembelajarannya di SMA. Skripsi. Klaten: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten, September 2018 Pendekatan struktural merupakan pendekatan intrinsik. Analisis struktural tidak hanya mendata unsur tertentu terhadap karya fiksi, namun yang penting adalah menunjukan bagaimana hubungan antarunsur dan kontribusinya terhadap tujuan estetik dan makna keseluruhan yang ingin dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur intrinsik yang terdapat pada novel Teratai karya Yayan D., untuk mengetahui hubungan antarunsur instrinsik novel Teratai karya Yayan D., dan untuk mendeskripsikan desain pembelajaran sastratersebut di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian yang digunakan adalah unsur intrinsik yang terdapat pada novel Teratai karya Yayan D. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca, teknik catat, dan teknik pustaka. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah tahap deskripsi data, tahap klarifikasi, tahap analisis data, tahap interpretasi data, dan tahap penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, hubungan antarunsur intrinsik yang ditemukan berupa: 1) tema dengan alur; 2) tema dengan tokoh dan penokohan; 3) tema dengan latar; 4) alur dengan tokoh dan penokohan; 5) alur dengan latar; 6) tokoh dan penokohan dengan latar. Pembelajaran dilakukan di kelas XII semester dua, dengan materi pembelajaran yaitu analisis isi novel yang berupa unsur intrinsik (tema, alur, latar, tokoh dan penokohan, sudut pandang, serta amanat). Model pembelajaran menggunakan saintifik, sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah mind mapping. Penilaian dilakukan dengan penilaian sikap dan tes individu.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 12 Mar 2019 09:42
Last Modified: 12 Mar 2019 09:42
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item View Item