MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS GEOGRAFI PADA MATERI SKETSA WILAYAH DAN OBYEK GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP MTs NEGERI ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Sudirmanto, Sudirmanto (2015) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS GEOGRAFI PADA MATERI SKETSA WILAYAH DAN OBYEK GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VIII SEMESTER GENAP MTs NEGERI ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sudirmanto.fix.pdf

Download (292kB)

Abstract

SUDIRMANTO, NIM: 1412104562. Skripsi Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Geografi pada Sketsa Wilayah dan Obyek Geografi dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Andong, Tahun Pelajaran 2014/2015. Kegiatan pembelajaran pada hakekatnya merupakan proses komunikasi. Agar pesan atau materi pelajaran yang disampaikan guru dapat diterima oleh siswa maka diperlukan wahana penyalur pesan yaitu media pembelajaran. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan penguasaan materi tentang sketsa wilayah dan obyek geografi dalam pembelajaran IPS?. Penelitian ini bertujuan untuk Dengan menggunakan media gambar mengetahui peningkatan penguasaan materi tentang sketsa wilayah dan obyek geografi dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Proses penelitian diawali dengan mengamati pembelajarn yang menggunakan metode pembelajaran kerja kelompok. Pengamatan berikutnya dilakukan pada saat siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan adanya peningkatan, yaitu siswa yang menguasai materi sebesar 70 % meningkat dari 15 (53,5%) menjadi 21 (75,0 %), terjadi peningkatan 21,5 %; Siswa yang menguasai materi kurang dari 70 % menurun dari 13 (46,4%) menjadi 7 (25,0 %), terjadi penurunan sebesar 21,5 %; Guru telah berhasil dalam melaksanakan perbaikan pembelajaran IPS Geografi tentang denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah dengan penerapan media gambar. Keberhasilan ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan pembelajaran selanjutnya. Berdasarkan hasil akhir perbaikan pembelajaran maka peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: Penerapan media gambar dapat meningkatkan penguasaan materi siswa pada pembelajaran IPS tentang denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah di kelas VII MTs Negeri Andong, Semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015; Pembelajaran dengan penerapan media gambar dapat membuat siswa belajar dengan aktif, kreatif, menyenangkan sehingga penguasaan siswa terhadap pembelajaran dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Geografi
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 09 Feb 2019 06:05
Last Modified: 09 Feb 2019 06:05
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item View Item