ANALISIS STABILITAS SISTEM FONDASI TIANG PANCANG (STUDI KASUS STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA SULTAN KAHARUDIN III BRANGBIJI – SUMBAWA)

Ryan, Tauhid Galih Saputra (2018) ANALISIS STABILITAS SISTEM FONDASI TIANG PANCANG (STUDI KASUS STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA SULTAN KAHARUDIN III BRANGBIJI – SUMBAWA). Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Ryan Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS STABILITAS SISTEM FONDASI TIANG PANCANG (STUDI KASUS STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG TERMINAL PENUMPANG BANDAR UDARA SULTAN KAHARUDIN III BRANGBIJI – SUMBAWA) Oleh : Ryan Tauhid Galih Saputra 1443100319 Seiring dengan pertambahan penduduk dan kebutuhan akan lahan, maka kebutuhan infrastruktur akan semakin meningkat. Oleh karena itu fondasi dalam pun semakin sering dijumpai untuk mengakomodir infrastruktur yang semakin modern. Fondasi dalam merupakan fondasi yang mampu dipasang dalam kondisi dimana lapisan keras tanah secara relatif dalam dan tidak memungkinkan untuk digunakan fondasi dangkal. Secara umum fondasi dalam dikategorikan menjadi 2 jenis berdasarkan metode instalasinya, yaitu fondasi tiang pancang dan fondasi tiang bor. Pada studi ini, proyek yang dianalisis adalah struktur bangunan Bandara Sultan Kaharudin III Brangbiji – Sumbawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan kapsitas dukung dan stabiltas sistem fondasi tiang pancang. Metode yang digunakan untuk mendapatkan daya dukung ijin tiang pancang adalah menggunakan metode Schmertman dan Nothingham dalam uji kerucut satatis atau uji sondir. Dari data yang didapat dalam SAP beban terbesar pada kolom K 6b yaitu sebesar 136,99 kN, maka beban maksimal (Pmax) dalam perencanaan diambil 200 kN, didapatkan Qc sebesar 57,34 Kg/cm2, dan didapatkan fs sebesar 54 Kpa. Berdasarkan data sondir didapatkan kapasitas dukung sebesar 307,36 kN/m2, didapatkan juga kapasitas dukung tiang tunggal sebesar 75,39 kN dan juga kapasitas dukung tiang kelompok sebesar 469,96 kN. Serta untuk penurunan fondasi tiang pancang pada tiang tunggal didapatkan penurunan sebesar 3 mm dan untuk tiang kelompok didapatkan penurunan sebesar 33,3 mm. Sehingga didapatkan dimensi pile cap 150 cm X 120 cm.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Mar 2019 06:59
Last Modified: 13 Mar 2019 06:59
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item