PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VII A SMP PANGUDI LUHUR GANTIWARNO KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Galuh, Laras Wati (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VII A SMP PANGUDI LUHUR GANTIWARNO KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Galuh fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

GALUH LARAS WATI. NIM : 1611100030. “Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Siswa Kelas VII A SMP Pangudi Luhur Gantiwarno Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah; Jurusan Pendidikan Bahasa; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Widya Dharma Klaten. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca puisi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas VII A SMP Pangudi Luhur Gantiwarno Klaten, 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca puisi dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas VII A SMP Pangudi Luhur Gantiwarno Klaten. Penelitian dilakukan di SMP Pangudi Luhur Gantiwarno Klaten dari bulan bulan Februari 2018 sampai dengan bulan Juni 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Pangudi Luhur Gantiwarno Klaten yang berjumlah 22 siswa. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil analisis dari tindakan berkaitan dengan peningkatan kemampuan membaca puisi dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas VII A SMP Pangudi Luhur Gantiwarno dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. 1) Pelaksanaan pembelajaran membaca puisi dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas VII A SMP Pangudi Luhur Gantiwarno terlaksana dengan baik dan dapat mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari : a) Berdasarkan pengamatan terhadap kinerja guru diperoleh hasil skor rata-rata kinerja guru mengalami peningkatan dari pembelajaran Siklus I sebesar 1,3 pembelajaran Siklus II menjadi 2,3, dan pada pembelajaran Siklus III 2,7. Dengan ktiteria skor batas cukup adalah skor 2 dan skor 3 adalah baik; b) Berdasarkan data aktivitas siswa selama tiga siklus, skor rata-rata tentang aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pembelajaran Siklus I sebesar 1,2 pembelajaran Siklus II menjadi 2,0 dan pada pembelajaran Siklus III menjadi 2,8. 2)Penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi pada siswa kelas VII A SMP Pangudi Luhur Gantiwarno Klaten. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil penilaian membaca puisi anak dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning, diperoleh rata-rata nilai hasil tes dan tugas mengalami peningkatan dari pembelajaran Siklus I sebesar 72,05 pembelajaran Siklus II menjadi 75,91 dan pada pembelajaran Siklus III menjadi 79,55. Perentase ketuntasan belajar klasikal juga mengalami peningkatan. Pada pembelajaran siklus I ketuntasan klasikal siswa sebesar 50%, meningkat pada pembelajaran Siklus II menjadi 68,18 %, dan pada pembelajaran Siklus III mencapai 86,36%. Kata kunci : peningkatan, membaca puisi, Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 07 Aug 2019 01:55
Last Modified: 07 Aug 2019 01:55
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1454

Actions (login required)

View Item View Item