PEMBELAJARAN MENULIS NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 TULUNG KLATEN, TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Faried, Lukman Hakim (2019) PEMBELAJARAN MENULIS NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 TULUNG KLATEN, TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Faried fix.pdf

Download (403kB)

Abstract

FARIED LUKMAN HAKIM. NIM: 1311109307. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten. 2013. Skripsi berjudul “Pembelajaran Menulis Narasi Berdasarkan Teks Wawancara di Kelas VII SMP Negeri 2 Tulung, Tahun Pelajaran 2016/2017”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran menulis narasi berdasarkan teks wawancara di kelas VII SMP Negeri 2 Tulung, tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimanakah hasil pembelajaran menulis narasi berdasarkan teks wawancara di kelas VII SMP Negeri 2 Tulung, tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Melalui pengamatan dan data-data dari sumber data, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran menulis narasi berdasarkan teks wawancara di kelas VII SMP Negeri 2 Tulung, tahun pelajaran 2016/2017 dan (2) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis narasi berdasarkan teks wawancara di kelas VII SMP Negeri 2 Tulung, tahun pelajaran 2016/2017. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Tulung. Objek penelitian pada penelitian ini adalah “Pembelajaran Menulis Narasi Berdasarkan Teks Wawancara di Kelas VII SMP Negeri 2 Tulung, tahun pelajaran 2016/2017”. Data bersumber dari (1) aktivitas pembelajaran menulis narasi berdasarkan teks wawancara di kelas VII SMP Negeri 2 Tulung. (2) Informan yaitu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa dan (3) Dokumen mencakup silabus, materi ajar, RPP, nilai siswa, dan pekerjaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran menulis narasi berdasarkan teks wawancara terdapat beberapa tahap berupa: (1) Apersepsi jarang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia karena siswa dianggap telah siap untuk menerima materi pelajaran. (2) Media yang digunakan berupa papan tulis yang disediakan pihak sekolah. Media tersebut digunakan oleh guru secara optimal, untuk menunjang materi pembelajaran. (3) Sarana dan prasarana yang disediakan pihak sekolah ini juga diterima siswa dengan baik. Guru menyampaikan materi menggunakan metode ceramah. Sesuai dengan metode yang tertera di dalam RPP tertulis dengan menggunakan contoh latihan dan tanya jawab serta penugasan. Beberapa kesalahan yang ditemukan berupa tata bahasa dan penulisan yang tidak sesuai dengan PUEBI. Hasil pembelajaran menulis narasi berdasarkan teks wawancara yang diperoleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tulung dari 15 siswa yang mendapat nilai 100 sebesar 33,4 % atau sebanyak 5 siswa, kemudian sebesar 46,6 % atau sebanyak 7 siswa mendapat nilai 80, dan sebesar 20 % atau sebanyak 3 siswa memperoleh nilai 60. Ketuntasan belajar ditentukan dengan menggunakan kriteria ketuntasan minimal nilai 70. Terdapat sebesar 20 % atau sebanyak 3 siswa yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:01
Last Modified: 07 Aug 2019 02:01
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item