PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BAYAT KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Intan, Puspita Kurniasih (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BAYAT KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Intan fix.pdf

Download (917kB)

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BAYAT KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Intan Puspita Kurniasih, 1511109435, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten, 2019. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan teknik pengamatan objek secara langsung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bayat; 2) untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan sebelum dan sesudah menggunakan teknik pengamatan objek secara langsung pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bayat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Bayat sebanyak 24 siswa. Sumber data yang digunakan adalah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dan nilai kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Bayat. Teknik pengumpulan data berupa pengamatan, wawancara, dan analisis dokumen, sedangkan alat pengumpulan data berupa teknik tes dan non tes. Teknik yang digunakan analisis adalah deskriptif komparatif yaitu membandingan persentase antarsiklus. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran menulis puisi sudah berhasil. Hal ini dapat ditunjukan dari peningkatan proses pembelajaran menulis puisi pada aktivitas siswa siklus I sebanyak 70,14% dan pada siklus II menjadi 81,94%. Hasil keterampilan menulis puisi siswa pada siklus I sebanyak 62,5% dan pada siklus II menjadi 87,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan teknik pengamatan objek secara langsung mampu meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis puisi siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Bayat Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Teknik pengamatan objek secara langsung, menulis puisi, keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:18
Last Modified: 07 Aug 2019 02:18
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1458

Actions (login required)

View Item View Item