CAMPUR KODE DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK SWADAYA TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Ali, Mustain (2019) CAMPUR KODE DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA SMK SWADAYA TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Ali fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ali Mustain: 1511109451. Skripsi: “Campur Kode Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Kelas XI Multimedia SMK Swadaya Klaten Tahun Pelajaran 2018/ 2019”, Universitas Widya Dharma Klaten. Campur kode adalah penggunaan dua bahasa atau lebih atau ragam bahasa secara santai antara orang-orang yang kita kenal dengan akrab. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk-bentuk campur kode dalam (inner code mixing) dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI Multimedia SMK Swadaya Klaten tahun pelajaran 2018/ 2019, bagaimana bentuk –bentuk campur code luar (outer code mixing) dalam pembelajaran bahada Indonesia kelas XI Multimedia SMK Swadaya Klaten tahunpelajaran 2018/ 2019, dan mengapa para guru dan siswa kelas XI Multimedia SMK Swadaya Klaten mengguinakan campur kode pada kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk campur kode dalam (inner code mixing), campur kode luar (outer code mixing),dan untuk mendeskripsikan penyebab guru menggunakan campur kode pada proses pembelajaran di kelas XI Multimedia SMK Swadaya Klaten.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI Multimedia SMK Swadaya Klaten, sedangkan data yang diambil adalah tuturan guru dan siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesiadi kelas XI Multimedia SMK Swadaya Klaten.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknil pencatatan lapangan dan teknik rekam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiolinguistik. Hasil penelitian ini dijabarkan sebagai berikut. Bentuk-bentuk campur kode proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI Multimedia SMK Swadaya Klaten dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu campur kode dalam (inner code mixing) dan campur kode luar (outer code mixing). Dalam penelitian ini terdapat 78.05% tuturan campur kode dalam yaitu percampuran bahasa Indonesia dengan bahasa Jawa (inner code mixing) dan peneliti menemukan percampuran bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris yaitu 12.19% tuturan, dan Arab 9.75% tuturan (outer code mixing). Campur kode digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan agar siswa tidak merasa bosan dan lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan Selain itu, untuk menambah keakraban antara guru dan siswa sehingga proses belajar mengajar menjadi menarik dan lancar. Kata Kunci : sosiolinguistik, campur kode dalam, campur kode luar

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:40
Last Modified: 07 Aug 2019 02:40
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1463

Actions (login required)

View Item View Item