ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS IKLAN PRODUK PASTA GIGI PEPSODENT PADA MEDIA TELEVISI (Studi Kasus di Desa Krikilan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten)

Ngainun, Ikhsan Nawawi (2019) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS IKLAN PRODUK PASTA GIGI PEPSODENT PADA MEDIA TELEVISI (Studi Kasus di Desa Krikilan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten). Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Ngainun fix.pdf

Download (430kB)

Abstract

NGAINUN IKHSAN NAWAWI NIM 1521103717, Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen, Universitas Widya Dharma Klaten “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS IKLAN PRODUK PASTA GIGI PEPSODENT PADA MEDIA TELEVISI (Studi Kasus di Desa Krikilan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten)” Banyak hal yang dilakukan produsen untuk mempromosikan produk yang dijual. Salah satu jenis promosi yang dirasa paling efektif adalah melalui iklan pada media televisi. Namun demikian tidak semua iklan yang ditayangkan televisi efektif dalam menarik konsumen untuk dapat membeli produk yang diiklankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) menganalisis pengaruh kualitas pesan terhadap efektivitas iklan televisi produk pasta gigi Pepsodent, 2) menganalisis pengaruh daya tarik iklan terhadap efektivitas iklan televisi produk pasta gigi Pepsodent, 3) menganalisis pengaruh frekuensi penayangan iklan terhadap efektivitas iklan televisi produk pasta gigi Pepsodent. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode untuk mengumpulkan data dengan wawancara, observasi dan angket. Dalam penelitian ini variabel independen adalah kualitas pesan (X1), daya tarik iklan (X2), dan frekuensi penayangan (X3). Dalam penelitian ini variable dependen adalah efektivitas iklan. Teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda. Melalui hasil analisis dari varibel kualitas pesan (X1), daya tarik iklan (X2), dan frekuensi penayangan (X3) terhadap efektivitas iklan maka didapatkan persamaan regresi linear sebagai berikut : Y = 0,335 1 + 0,315 X1 + 0,292 X2 +0,269 X3, yang artinya : 1) Nilai 0,315 pada variabel kualitas pesan (X1) adalah bernilai positif, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi atau semakin baik kualitas iklan maka semakin efektif pula iklan tersebut, 2) Nilai 0,292 pada variabel daya tarik iklan (X2) adalah bernilai positif, dapat dikatakan bahwa semakin tinggi atau semakin baik daya tarik iklan maka semakin efektif pula suatu iklan, 3) Nilai 0,269 pada variabel frekuensi penayangan (X3) bernilai positif maka dapat dikatakan semakin tinggi frekuensi penayangan iklan maka semakin efektif pula iklan tersebut. Keywords : kualitas pesan, daya tarik iklan, frekuensi penayangan, efektivitas iklan

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 09 Aug 2019 07:22
Last Modified: 09 Aug 2019 07:22
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1489

Actions (login required)

View Item View Item