PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIKOTES TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Putri, Dewi Sulistyowati (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIKOTES TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Putri Fix.pdf

Download (762kB)

Abstract

PUTRI DEWI SULISTYOWATI, NIM 1413102562. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi “Penerapan Model Pembelajaran Round Club Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kalikotes Tahun Pelajaran 2018/2019”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kalikotes. Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2010/2019 dalam pembelajaran round club, (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kalikotes Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran round club. Penelitian ini merupakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kalikotesyang terdiri dari 32 siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian terdiri dari tahap perencaaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I dilaksanakan tiga pertemuan dan suklus II dilaksanakan tiga pertemuan. Setelah pelaksanaan tindakan kelas peneliti memperoleh data aktivasi belajar melalui observasi dan data hasil belajar melalui teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian melalui penerapan model pembelajaran round club dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Aktivitas pada siklus I sebesar 60,93% (aktif) meningkat menjadi 78,64% (sangat aktif) pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meliputi: (a) Siswa yang aktif bertanya ketika guru menjelaskan materi, (b) Siswa yang rajin mencatat point-point penting materi yang dijelaskan guru, (c) Siswa yang aktif bekerja di dalam kelompoknya, (d) Siswa yang aktif menjawab soal/pertanyaan dari guru, (e) Siswa yang aktif dalam mengerjakan tugas kelompok, (f) Siswa yang aktif dalam berdiskusi kelompok. Selain aktivitas belajar siswa yang meningkat, melalui penerapan model pembelajaran round club juga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Diperoleh data hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dilihat dari persentase ketuntasan klasikal pada pra siklus sebesar 43,75% meningkat pada siklus I sebesar 65,62%, meningkat lagi menjadi 78,12% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran round club dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematka siswa kelas VIII SMP Negeri1 Kalikotes tahun pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Model pembelajaran, round club, aktivitas belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Aug 2019 01:39
Last Modified: 13 Aug 2019 01:39
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item