HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

F.X Endra, Vistana (2019) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Endra Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

F.X Endra Vistana NIM. 1413102571, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten. Skripsi. Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jogonalan Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika pada siswa, 2) ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa, dan 3) ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika pada siswa. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data kecerdasan emosional dan motivasi belajar, dan metode tes untuk memperoleh data prestasi belajar matematika. Dalam menganalisis data yang sudah terkumpul peneliti menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linier ganda dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum melakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis data. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Setelah data penelitian diolah dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0,416 dan dengan sumbangan efektif 13,8% serta sumbangan relatif 47% (2) ada hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0,434 dan dengan sumbangan efektif 15,4% serta sumbangan relatif 53% dan (3) ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa, dengan koefisien korelasi R sebesar 0,540. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Matematika
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:40
Last Modified: 13 Aug 2019 02:40
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1542

Actions (login required)

View Item View Item