HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII H DI SMP N 1 PEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Anis, Afifah (2019) HUBUNGAN ANTARA MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII H DI SMP N 1 PEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Anis Fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anis Afifah, NIM: 1681100053, Hubungan Antara Minat Baca Dan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas VIII H Di SMP N 1 Pedan Tahun Pelajaran 2018/2019 Tesis: Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Universitas Widya Dharma Klaten, 2019. Rumusan masalah ini adalah (1) Apakah terdapat hubunga minat baca terhadap penguasaan kosakata (2) Apakah terdapat hubungan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa dan (3) Adakah hubungan antara minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa di SMP N 1 Pedan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuant itatif. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumenter, angket, dan tes. Jumlah sampel menggunakan sistem random sampling tehadap 253 siswa dari 8 kelas yaitu kelas A sampai H dipilih secara acak. Variabel bebas minat baca (X1) dan kemampuan penguasaan kosakata (X2), sedang variabel terikat adalah membaca pemahaman (Y). Uji instrumen penelitian menggunakan validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat normalitas dan linearitas, sedangkan analisis data menggunakan uji beda mean t, uji korelasi dan uji fregresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat minat baca rendah terdapat 1,6%, minat baca sedang 54,7% dan minat baca tinggi 43,8%. Tingkat kemampuan membaca pemahaman rendah 12,5%. Tingkat kemampuan membaca pemahaman sedang 49,2% dan tingkat kemampuan membaca pemahaman tinggi 39,1%. Hal ini berarti bahwa minat baca dan penguasaan kosakata apabila terjadi bersama-sama akan mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman sebesar 80,95%, sedangkan sisanya 19,1%, dipengaruhi oleh faktor lain. Hipotesis dalam penelitian ini diterima yaitu: ada pengaruh secara bersama-sama antara penguasaan kosakata dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman. Kata Kunci: Minat Baca, Penguasaan Kosakata, Kemampuan Membaca Pemahaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Aug 2019 06:55
Last Modified: 13 Aug 2019 07:19
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item