PEMBELAJARAN MENGOMENTARI BUKU CERITA YANG DIBACA (Studi Kasus di Kelas VII C MTs Negeri Kebonagung, Pacitan, Tahun Pelajaran 2011/2012)

Bambang, Dwi Kurniawan (2019) PEMBELAJARAN MENGOMENTARI BUKU CERITA YANG DIBACA (Studi Kasus di Kelas VII C MTs Negeri Kebonagung, Pacitan, Tahun Pelajaran 2011/2012). Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Bambang Fix.pdf

Download (570kB)

Abstract

Bambang Dwi Kurniawan 2012, Pembelajaran Mengomentari Buku Cerita Yang Dibaca (Studi Kasus di Kelas VII C MTs Negeri Kebonagung Pacitan Tahun Pelajaran 2011/2012). Tesis, Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Bahasa, Universitas Widyadharma Klaten Tahun 2012. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pembelajaran mengomentari buku cerita di kelas VII C MTs Negeri Kebonagung?, 2) Mengapa pembelajaran mengomentari buku cerita di kelas VII C MTs Negeri Kebonagung terjadi seperti pada saat peneliti melakukan pengamatan?. Landasan teori yang digunakan adalah : (1) Pengertian Pembelajaran, (2) Teori Pembelajaran, (3) Manfaat Membaca, (4) Kemampuan Membaca, (5) Pembelajaran Membaca, (6) Berkomentar, (7) Hakikat Berbicara. Penelitian ini dilaksanakan MTs Negeri Kebonagung Pacitan Tahun Pelajaran 2011/2012, tepatnya bulan November s/d Desember 2011 pada hari Sabtu, 3 Desember 2011, jam pelajaran ke 3-4 (pukul 08.20-09.40 WIB). Metode penelitian induktif analitis dan model analisis penelitian menggunakan cross action (rujuk silang). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif tipe studi kasus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan pembelajaran, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data melalui 7 langkah penyedia data utama kemudian menggunakan 5 langkah analisis data utama. Hasil penelitian dihasilkan 40 pernyataan identitas data dan 19 unit-unit data utama (UDAUT), dianalisis satu persatu dengan cara mengurai berdasarkan pelibat guru dan pelibat siswa. Berdasarkan analisis UDAUT dapat disimpulkan (1) pembelajaran mengomentari buku cerita yang dibaca di kelas VII C MTs Negeri Kebonagung Tahun Pelajaran 2011/2012, dilihat dari (a) adanya indikasi Guru tidak menggunakan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan seperti media dan metode sehingga siswa tidak tertarik, dalam memberi tugas tidak sesusi dengan indikator pembelajaran sesuai RPP, (b) siswa tidak konsentrasi dalam pembelajaran, (c) materi yang dipergunakan buku paket yang hanya dipegang guru, dan (d) penilaian siswa tidak sesuai RPP. (2) penyebabnya adalah (a) guru belum menguasai isi rencana pembelajaran, karena pembuatan rencana pembelajaran hanya dibuka saat-saat tertentu, (b) siswa cenderung bosan karena penyampaian kurang variasi, (c) materi pembelajaran kurang dikusai karena bahan cerita tidak digandakan, dan (d) penilaian yang dilakukan tidak sesuai RPP, karena belum dikuasai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 13 Aug 2019 07:18
Last Modified: 13 Aug 2019 07:18
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item