PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS (NASKAH) DRAMA MELALUI TEKNIK TRANSFORMASI CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 2 CEPER TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Isnaini, Nur Rohmah (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS (NASKAH) DRAMA MELALUI TEKNIK TRANSFORMASI CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 2 CEPER TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Isnaini fix.pdf

Download (910kB)

Abstract

Isnaini Nur Rohmah. NIM: 1511109423. Skripsi. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks (Naskah) Drama melalui Teknik Transformasi Cerita Pendek pada Siswa Kelas VIII B SMP N 2 Ceper Tahun Pelajaran 2018/2019” Universitas Widya Dharma Klaten. Latar Belakang masalah: bahwa siswa-siswa kelas VIII B SMP N 2 Ceper belum termotivasi serta mengalami kesulitan menuangkan ide untuk menuliskan teks (naskah) drama sehingga hasil belajar siswa belum sesuai yang diharapakan. Maka untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan penelitian pembelajaran menulis naskah drama melalui diterapkannya teknik transformasi cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP N 2 Ceper Klaten, yang terdiri dari 32 siswa. Pengumpulan data diperoleh melalui hasil tes menulis siswa, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kualitatif, mencakup analisis data proses dan hasil data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis naskah drama melalui teknik transformasi dapat meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran menulis naskah drama. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan hasil nilai rata-rata siswa kelas VIII B SMP N 2 Ceper pratindakan dan pascatindakan. Kemampuan siswa dalam menulis naskah drama pada pratindakan sebesar 68,59 dengan 14 dari 32 siswa dinyatakan tuntas atau 43,75%. Setelah diberikan tindakan siklus I, kemampuan menulis naskah drama siswa meningkat dengan rata-rata 70,00 dan 20 siswa dinyatakan tuntas atau 62,5%. Pada siklus II kemampuan menulis siswa kembali naik dengan rata-rata 76,72 dengan 32 siswa dinyatakan tuntas atau 100%. Pada siklus II ini siswa telah mampu mencapai nilai KKM yang ditetapkan yakni 70. Kata kunci: menulis, teks (naskah) drama, transformasi, cerpen.

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 29 Aug 2019 03:37
Last Modified: 29 Aug 2019 03:37
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item View Item