PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 NGUPIT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Asna, Wahidah (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 NGUPIT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor (S1) thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Asna fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 NGUPIT TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Asna Wahidah, 1511109422, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Widya Dharma Klaten, 2018/2019. Tujuan penelitian ini (1) untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis surat dinas dengan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Ngupit; (2) untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas hasil pembelajaran menulis surat dinas dengan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Ngupit. Penelitian ini merupakan penelitian tindakana kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Ngupit sebanyak 25 siswa. Data yang digunakan adalah informasi dari guru, siswa dan perkembangan keterampilan menulis surat dinas siswa. Sumber data yang digunakan adalah proses pembelajaran menulis surat dinas dan nilai keterampilan menulis surat dinas dengan model problem based learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), tes, wawancara, dokumentasi, dan studi dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah deskripsi kualitatif, yakni mendeskripsikan dengan kata-kata. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis surat dinas pada kegiatan guru prasiklus memperoleh nilai 72 dengan kategori baik, siklus I memperoleh nilai 81,17 dengan kategori baik, dan siklus II memperoleh nilai 91,76 dengan kategori sangat baik. Sementara kegiatan siswa pada prasiklus memperoleh nilai 60 dengan kategori cukup, siklus I memperoleh nilai 75 dengan kategori baik, dan siklus II memperoleh nilai 95 dengan kategori sangat baik. Hasil keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Ngupit pada saat prasiklus memperoleh nilai di atas KKM hanya 7 siswa dengan persentase 28%. Kemudian dilakukan tindakan dengan menggunakan model problem based leraning, siklus I mengalami peningkatan sebanyak 14 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dengan persentase 56%. Pada siklus II lebih meningkat lagi yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 22 siswa dengan persentase 88%. Hal ini dapat simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based lerning dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Ngupit tahun pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Menulis Surat Dinas, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Bachelor (S1))
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pend. Bahasa dan Satra Indonesia
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 29 Aug 2019 05:52
Last Modified: 29 Aug 2019 05:52
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1611

Actions (login required)

View Item View Item