PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN (Studi Kasus di kelas IX Semester 1 MTs Al-I’anah Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul) Tahun Pelajaran 2018/2019

Rini, Riyanti (2019) PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN (Studi Kasus di kelas IX Semester 1 MTs Al-I’anah Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul) Tahun Pelajaran 2018/2019. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Rini fix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rini Riyanti, NIM. 1781100008. Pembelajaran Menulis cerpen (Studi Kasus di Kelas IX Semester I MTS AL-I’anah Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul Tahun Pelajaran 2018/2019). Tesis, Program Pascasarjana, Universitas Widya Dharma Klaten. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1). Bagaimanakah pembelajaran menulis cerpen siswa MTs Al-I’anah kecamatan Nglipar, gunungkidul semester I Tahun pelajaran 2018/2019 ? (2). Mengapa pembelajaran menulis cerpen di kelas IX MTs Al-I’anah kecamatan Nglipar, gunungkidul semester I Tahun pelajaran 2018/2019 terjadi sebagaimana nampak ketika dilakukan pengamatan ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data p dilakukan dengan melakukan: (1) observasi pada pembelajaran di kelas IX semester 1 MTS AL-I’anah Nglipar Tahun Pelajaran 2018/2019, pada hari selasa, 20 November 2018 jam ketiga dan keempat; (2) wawancara guru dan siswa untuk mengetahui pendapat mereka atas pelaksanaan pembelajaran; dan (3) dokumentasi untuk mencermati Silabus, RPP. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tujuh langkah penyediaan data utama. Setelah proses penyediaan data utama selesai di lakukan analisis data dengan lima langkah analisis data utama. Pernyataan Identitas Data yang di peroleh berjumlah 23, setelah di lakukan proses reduksi maka diperoleh 20 Unit Data Utama. Dari 20 Unit Data Utama di lakukan analisis data yang melibatkan; a) guru; b) siswa; c) materi; d) metode pembelaran; e) penilaian. Berdasarkan analisis unit data utama dapat di simpulkan bahwa; pembelajaran menulis cerpen di kelas IX MTS AL-I’anah Nglipar semester 1 tahun ajaran 2018/2019, guru sudah melaksanakan tahapan pembelajaran dengan runtut mulai dari tahap pendahuluan, inti dan penutup. Siswa hanya menggunakan Buku Paket dan Lembar kerja yang berisi contoh cerpen, metode yang digunakan ceramah, tanya jawab dan diskusi. Kata kunci : pembelajaran, menulis, cerpen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:40
Last Modified: 03 Sep 2019 02:48
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item View Item