PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS DESKRIPSI MELALUI METODE PROBLEM-BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sarini, Batyali (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS DESKRIPSI MELALUI METODE PROBLEM-BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PRAMBANAN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Masters thesis, Universitas Widya Dharma.

[img] Text
Sarini fix.pdf

Download (952kB)

Abstract

Sarini Batyali. NIM.178100009 Peningkatan Kemampuan Menentukan Struktur Teks Deskripsi Melalui Metode Problem-based Learning Pada Kelas VII SMP Negeri 1 Prambanan. Tesis. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Widya Dharma Klaten 2019. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran menentukan struktur teks deskripsi melalui model Problem-based learning pada peserta kelas VII H SMP Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana peningkatan kemampuan menetukan struktur teks deskripsi melalui metode problem-based learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Prambanan Klaten Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I, dan siklus II. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan (1) rencana pembelajaran melalui model problem-based leraning, yaitu siklus I, pembelajaran dalam kategori baik, sedangkan siklus II, pembelajaran dalam kategori sangat baik, (2) peningkatan kemampuan menentukan stuktur teks deskripsi melalui model problem-based learning telah mengubah suasana pembelajaran menjadi lebih menarik, meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran yang ditandai, yaitu siklus I, pembelajaran dalam kategori baik, sedangkan siklus II, pembelajaran dalam kategori sangat baik. Hasil penilaian pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata dari ketiga aspek penilaian (kognitif, psikomotorik, dan afektif), yaitu 62,23 dalam kategori belum tuntas, sedangkan hasil penilaian pembelajaran pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,33 dalam kategori tuntas. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran mengidentifikasi informasi teks deskripsi dengan menggunakan model problem-based learning pada siswa kelas VIIH SMP N 1 Prambanan, sudah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata Kunci: metode problem-based learning, menentukan struktur teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa
Depositing User: Unwidha Perpustakaan Unwidha
Date Deposited: 04 Sep 2019 01:43
Last Modified: 04 Sep 2019 01:43
URI: http://repository.unwidha.ac.id/id/eprint/1632

Actions (login required)

View Item View Item